Puluhan Rumah Warga Rusak Diterjang Banjir Bandang di Aceh Tengah

banjir bandang di Desa Paya Tumpi Kec, Kebayakan Kabupaten Aceh Tengah. Rabu (13/5/2020) siang.

Banda Aceh, Acehportal.com - Informasi yang dihimpun dari BPBA, Kamis (14/5/2020), setidaknya puluhan rumah warga mengalami rusak berat dan rusak sedang akibat diterjang banjir bandang yang terjadi di Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah kemarin.

Kepala Pelaksana BPBA, Sunawardi mengatakan, dari data yang diupdate Rabu malam, diketahui banjir bandang terjadi di beberapa gampong yakni Gampong Paya Tumpi Induk, Paya Tumpi Baru, Pinangan serta Gunung Balohen di Kecamatan Kebayakan serta Gampong Daling, Kecamatan Bebesan.

"Ada sekitar 31 unit rumah warga yang mengalami rusak berat dan 26 rumah warga lainnya mengalami rusak sedang akibat banjir yang terjadi karena hujan deras tersebut," ujarnya saat dikonfirmasi Kamis malam.

Selain rumah warga, banjir bandang juga merendam perkebunan warga serta merusak tiga unit mobil dan sebuah motor. Lalu, juga ada korban dalam peristiwa ini, dimana empat orang warga Gampong Paya Tumpi Baru serta seorang warga Gampong Paya Tumpi Induk mengalami luka.

"Sebanyak 10 KK yang terdiri dari 33 jiwa mengungsi di tempat pengungsian di SD Negeri 3 Kebayakan dan 15 KK yang terdiri sari 56 jiwa lainnya mengungsi di rumah sanak saudara," ungkapnya.

Pemerintah terkait pun telah memberikan bantuan tanggap darurat kepada masyarakat yang terdampak akibat banjir bandang ini. Proses evakuasi dan pembersihan material banjir pun telah dilakukan oleh pihak terkait.

"Kondisi saat ini di lokasi hujan telah berhenti serta lumpuran banjir telah dibersihkan. Akses jalan Takengon-Bireuen pun telah dibuka dan normal kembali, meski masih ada timbunan naterial lumpuh namun dapat dilalui kendaraan," tambahnya.

"Di Bener Meriah, tepatnya di Gampong Mutiara Baru, Kecamatan Bukit dan Gampong Cemparam/Pakat Jeroh, Kecamatan Mesidah banjir bandang merusak dua rumah warga," tutupnya.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...