Polairud Patroli Udara, Belum Ada Warga Rohingya yang Masuk ke Perairan Aceh

Dir Polairud Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro dan Kaur Bin Opsnal, AKBP Sulasnawan (tengah) beserta kru melakukan patroli udara memantau perairan Aceh, Kamis (14/5/2020). (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Sejak kemarin, beredar isu bahwa ada sekitar 500-an warga Rohingya yang berlayar menggunakan dua buah kapal motor dari Myanmar dan hendak menuju ke Malaysia.

Hal ini pun tak menutup kemungkinan bahwa para imigran itu dapat masuk ke perairan Indonesia atau bahkan singgah di Indonesia tanpa izin, khususnya ke wilayah Aceh.

Dit Polairud Polda Aceh pun melakukan patroli udara menggunakan helikopter untuk memantau perkembangan terkini mengenai ratusan imigran gelap yang berlayar tersebut.

Patroli udara dilakukan langsung Dir Polairud Polda Aceh, Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro bersama Kaur Bin Opsnal, AKBP Sulasnawan beserta krunya, Kamis (14/5/2020).

Alhasil, sejauh ini belum terpantau adanya imigran gelap Rohingya yang masuk ke perairan Indonesia, khususnya Aceh atau bahkan berlabuh di kawasan Aceh.

"Selain itu, sejak diterima informasi (Selasa 5 Mei) kami juga sudah melakukan patroli laut yang sampai sekarang masih terus dilaksanakan oleh kapal-kapal dari Polairud Polda Aceh maupun kapal yang ada di kesatuan Polairud polres jajaran Polda Aceh," ungkap Dir Polairud.

Dirinya menjelaskan, kegiatan patroli udara yang dilakukan ini hari meliputi wilayah perairan Banda Aceh, Aceh Besar dan Pidie. Dimana, patroli udara ini menggunakan helikopter milik Polairud dengan ketinggian jelajah 3500 kaki.

"Sampai saat ini belum ada di temukannya pengungsi Rohingnya (masuk ke perairan Aceh)," tegas Jemmy.

Patroli udara ini juga dilakukan hingga kedepan. Besok, pihaknya berencana terbang dan memantau wilayah perairan Bireuen, Lhokseumawe dan Aceh Timur. Begitu pun dengan kapal-kapal patroli yang terus aktif memantau kawasan perairan Aceh.

"Kegiatan patroli ini akan terus kita lakukan sekaligus untuk memantau perkembangan situasi saat ini," tambah Kombes Pol Jemmy Rosdiantoro.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...