Mahasiswa KKN Unimal Ajarkan Anak-anak Panggoi Mengaji dan Praktik Ibadah

Sejumlah mahasiswa KKN Universitas Malikussaleh (Unimal) dari Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia melakukan kegiatan belajar mengaji dan praktik ibadah kepada anak-anak di Gampong Panggoi, Dusun C Alue Seribu, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Selasa (12/5/2020). (Ist)

Lhokseumawe, Acehportal.com - Sejumlah mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) yang berasal dari Program Studi (Prodi) Pendidikan Bahasa Indonesia melakukan kegiatan belajar mengaji dan praktik ibadah kepada anak-anak di Gampong Panggoi, Dusun C Alue Seribu, Kecamatan Muara Dua, Lhokseumawe, Selasa (12/5/2020).

Kegiatan ini diselenggarakan para mahasiswa KKN Kelompok 77 Unimal yang terdiri dari Munawarah Ulfa, Nurul Ima, Mila Lestari, Safriana dan Zurrahmah di Mushalla Dayah Nurul Hidayah Al-Aziziyah gampong setempat yang diikuti oleh anak-anak tingkat TK dan SD atau sederajat.

Kelompok mahasiswa KKN ini mengajarkan anak-anak tentang tata cara berwudhu, menghafal surah pendek dan mempraktikan shalat serta mengajarkan membacakan Alquran dan Iqra.

Hal ini dilakukan guna mengajak anak-anak agar lebih dekat dengan agama Islam serta mampu melaksanakan shalat dengan memenuhi rukun shalat serta cara berwudhu sebagai bentuk bersuci dari hadas kecil.

Kegiatan itu pun mendapat sambutan baik dari para orang tua dari anak-anak yang ikut serta dalam praktir belajar mengajar tersebut.

"Kegiatan mahasiswa KKN ini sangat membantu orang tua untuk mengajarkan tentang agama yang selama ini dipraktikkan di rumah sendiri, dengan kegiatan seperti ini mereka sangat senang karena bisa belajar bersama teman-temannya untuk menghilangkan rasa bosan selama belajar di rumah karna pandemi," ujar Mayni, salah satu orang tua dari anak yang mengikuti kegiatan itu.

Sementara, Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) mahasiswa KKN tersebut, Dr. Nursanjaya, S.Ag, M.Pd juga sangat mengapresiasi sekaligus bangga dengan apa yang telah dilakukan para mahasiswa ini.

"Karena kegiatan seperti ini di bulan Ramadhan bisa menambah pahala kepada orang banyak dan juga pelajaran yang bermanfaat untuk anak-anak," ungkapnya.

Kegiatan ini dilakukan selama satu hari. Terlihat para anak-anak sangat senang dan antusias serta tekun saat belajar mengaji dan praktik ibadah tersebut.

Usai mengikuti pembelajaran, anak-anak yang berjumlah sekitar 21 orang diberikan sedikit bingkisan. Hal ini dilakukan agar semangat belajar anak-anak tersebut semakin bertambah kedepannya.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...