Kapolda Aceh Tinjau Lokasi Banjir Bandang Paya Tumpi Aceh Tengah

Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada bersama Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar dan Kapolres, AKBP Nono Suryanto beserta rombongan dan pihak terkait lainnya saat meninjau lokasi banjir bandang di Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, Kamis (14/5/2020). (Ist)

Takengon, Acehportal.com - Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada meninjau lokasi banjir bandang yang terjadi di Gampong Paya Tumpi, Kecamatan Kebayakan, Aceh Tengah, Kamis (14/5/2020).

Kapolda turun ke lokasi didampingi sejumlah pejabat utama Polda Aceh. Tiba di Aceh Tengah, rombongan Kapolda disambut langsung Bupati Aceh Tengah, Shabela Abubakar, Kapolres, AKBP Nono Suryanto dan pihak terkait lainnya.

Saat di lokasi banjir bandang Paya Tumpi pun melakukan bakti sosial bersama pejabat yang hadir dengan membersihkan sisa-sisa lumpur yang masih ada. Untuk diketahui, lokasi banjir bandang di Kecamatan Kebayakan dialami oleh tiga gampong yang salah satunya adalah Paya Tumpi.

Kapolda bersama rombongan juga meninjau rumah warga dan lokasi pengungsian yang berada di SD Paya Tumpi. Disana, mereka menyerahkan bantuan sembako untuk warga yang mengalami musibah.

Dalam sambutannya, Jenderal Bintang Dua ini mengatakan, tugas polisi sebagai pelindung dan pelayan masyarakat. Keberadaan TNI-Polri beserta Pemda disini merupakan bentuk perhatian negara.

Oleh karenanya, pihaknya menurunkan anggota ke lapangan untuk membantu masyarakat yang musibah dalam hal seperti evakuasi hingga penanganan selanjutnya.

"Ini pelajaran buat kita sekalian, kita jaga alam maka alam akan jaga kita. Oleh karena itu saatnya kita membangun kembali untuk memperbaiki alam kita yang mungkin sudah rusak, ini saatnya kita untuk memperbaikinya, belum terlambat. Kita berbuat baik kepada alam, Insya Allah alam akan baik pada kita," ungkapnya.

Di lokasi banjir bandang, pembersihan material di pemukiman masyarakat dilakukan dengan mengerahkan dua unit alat berat jenis ekskavator (beko). Selain itu, personel TNI-Polri, Tagana, PMI, tim medis beserta masyarakat setempat juga ikut dikerahkan.

Untuk diketahui, hingga saat ini kondisi jalan di lokasi banjir bandang sudah bisa dilalui oleh kendaraan umum dengan sistem pengaturan lalu lintas satu jalur untuk mencegah terjadinya kemacetan di jalan raya tersebut.

Penulis:Redaksi
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...