Tinggi Gelombang Perairan Aceh Capai 3 Meter

BMKG Aceh

Banda Aceh,  Acehportal.com - Angin kecang disertai hujan dengan intensitas tinggi akan terus terjadi hingga dua hari ke depan di sebagian wilayah Aceh.

Hal tersebut disampaikan Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh, Zakaria Ahmad, saat dimintai konfirmasi, Senin (11/5/2020).

Zakaria menjelaskan, cuaca saat ini karena terbentuknya tekanan rendah di pesisir utara Propinsi Aceh sehingga terjadi belokan angin dan konvergensi masa udara di atmosfer wilayah Aceh.

Dengan adanya belokan angin dan konvergensi di atmosfer Aceh sehingga uap air yang terbawa oleh pergerakan masa udara berkumpul di atmosfer Aceh.

"Hal ini mengakibatkan tumbuhnya awan awan konvektif awan- awan hujan yang disertai angin kencang dan juga petir. BMKG Aceh memperkirakan  keadaan seperti ini masih berlanjud hingga dua hari kedepan." terang Zakaria.

Lanjutnya, disamping terjadi hujan sedang hingga lebat kondisi ini juga dapat berpengaruh terhadap tinggi gelombang yang berkisar 1 hingga 3 meter di perairan di wilayah perairan Banda Aceh,  Sabang,  Barat Selatan Aceh, Utara dan Timur Aceh dan Selat Malaka.

Dengan keadaan cuaca yang demikian BMKG Aceh menghimbau agar waspada banjir genangan maupun banjir luapan atau bajir kiriman, juga waspada tanah longsor untuk wilayah dataran tinggi dan juga perlu berhati2 pohon tumbang serta jalan yang licin.

Sedangkan untuk masyarakat nelayan dan penyedia jasa penyeberangan agar berhati hati dalam melaut, tidak lupa membawa alat keselamatan serta alat komunikasi, jangan memaksa berlayar bila kondisi cuaca tidak memungkinkan.

"Selalu memperhatikan situasi dan informasi cuaca dilapangan maupun info cuaca dari BMKG." demikian Zakaria.

Penulis:Rol
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...