Melalui LPP RRI Meulaboh, Dandim Aceh Barat Sosialisasi dan Edukasi Cegah Covid-19

Aceh Barat, aceportal.com - Komandan Kodim 0105/Aceh  Barat Letkol Kav Nurul Diyanto S. Pd memberikan sosialisasi bagaimana cara mencegah dan menangkal penyebaran wabah Virus Covid-19 serta edukasi guna mengantisipasi dan meningkatkan kewaspadaan masyarakat terhadap pandemi Virus Covid-19 melalui Dialog Kentongan (Interaktif) bersama LPP RRI Meulaboh yang dipandu oleh Echie di Jalan Abu Madinah No.1 Desa Pasi Jambu Kecamatan Kaway XVl Kabupaten Aceh Barat, Selasa (5/5/2020).

Sebagai nara sumber, Letkol Nurul mengatakan masyarakat harus mengerti dan paham apa itu Virus Covid-19 dan bagaimana cara penyebaran maupun cara mencegahnya agar tidak tertular ataupun terkena wabah virus ini.

"Virus Covid-19 (Corona Virus Desease 2019) merupakan bagian dari keluarga besar Virus yang bisa menyebabkan sakit pada manusia maupun hewan. Pada manusia, Virus Corona diketahui bisa menyebabkan infeksi pernapasan yang bervariasi dengan gejala umum seperti demam, flu, lelah dan batuk ringan. Ciri khas virus ini adalah menyumbat saluran pernapasan dengan lendir kental yang mengeras kemudian memblokir saluran pernapasan (paru paru)", jelas Dandim.

Lebih lanjut Letkol Nurul mengatakan penyebaran Virus Covid-19 ini sangat masif bisa dari mereka yang telah terinfeksi virus ini sebelumnya dan dapat menyebar dari orang ke orang melalui tetesan kecil (Droplets) dari hidung atau mulut orang terinfeksi saat batuk, bersin atau bernapas. Droplets ini akan mengenai permukaan tertentu dan bisa menular jika mengusap mata, hidung dan mulut.

"Cara mencegah atau mengatasinya masyarakat diharapkan tidak perlu panik namun kuncinya tetap waspada selalu patuhi anjuran pemerintah dengan menjaga anti body (imun tubuh), Sosial Distancing maupun Physical Distancing, rajin olah raga dan cuci tangan menggunakan sabun antiseptik bilas dengan air yang mengalir, jauhi kerumunan serta istirahat cukup dan memakan makanan yang bergizi dan yang paling penting selalu menggunakan masker", ujar Letkol Nurul.

Dandim juga menjelaskan, bahwa selama ini Kodim Aceh Barat beserta jajarannya telah melakukan berbagai upaya untuk menangkal virus Corona ini. Dilapangan Babinsa rutin memberikan sosialisai dan pemahaman kepada masyarakat akan bahaya wabah ini.

"Dalam hal ini Kodim Aceh Barat terus membantu Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 diantaranya melakukan penyemprotan Disinfektan mulai dari tempat umum hingga ke desa desa, memasang Wastafel Portabel di dekat fasilitas umum, sosialisasi pentingnya jaga jarak (Physical Distancing), ikut mendampingi Tim Covid saat mendata masyarakat yang baru pulang dari luar daerah, membagikan masker dan ikut serta dalam menjaga Pos Perbatasan  pintu masuk menuju Kabupaten Aceh Barat yang terletak di tiga titik diantaranya Kecamatan Arongan Lambalek, Kecamatan Sungai Mas dan Kecamatan Meureubo", ungkap Dandim lebih gamblang.

Ini semua merupakan salah tugas TNI operasi selain perang dengan membantu Pemerintah dan masyarakat untuk melawan pandemi ini.

Pada kesempatan ini Dandim mengajak masyarakat untuk bersatu bekerja sama melawan pandemi ini, masyarakat harus meningkatkan kesadaran dengan mematuhi anjuran pemerintah serta disiplin pribadi untuk tetap dirumah dan jauhi kerumunan. Berkaca dari daerah atau negara lain karena menganggap sepele dan lalai sehingga Virus ini merebak.

Diakhir dialog Dandim menginformasikan bahwa besok Kodim Aceh Barat akan mendirikan dapur lapangan dengan maksud dan tujuan bisa membantu perekonomian masyarakat akibat dampak dari wabah ini. Mekanismenya memberikan makanan kepada masyarakat yang telah didata oleh Babinsa  agar tepat sasaran.

Komentar

Loading...