Boat Tenggelam Dihantam Ombak Besar di Lhokseudu, Tiga Nelayan Selamat

Tim SAR saat mengevakuasi tiga nelayan di Lhokseudu, Aceh Besar, Jumat (1/5/2020) (Ist)

Jantho, Acehportal.com - Sebuah boat yang ditumpangi tiga warga diketahui tenggelam di kawasan perairan Lhokseudu, Aceh Besar, Jumat (1/5/2020) dinihari sekitar pukul 01.00 WIB.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini dan ketiga penumpang boat dapat diselamatkan oleh tim SAR.

Tiga warga yang diselamatkan adalah Rudi Supriadi (40) selaku pawang serta Ahmad (36) dan Wahyu (25) selaku ABK boat. Ketiganya merupakan warga Labuhan Haji, Aceh Selatan.

"Boat yang tenggelam bernama KM Mina Maritim 501 dengan berat kapal 26 GT asal Labuhan Haji, Aceh Selatan," ujar Kakansar Banda Aceh, Budiono, Jumat dinihari.

Persitiwa ini berawal saat boat berangkat setelah mengambil ikan dari boat induk di perairan Calang, Aceh Jaya sekitar 105 mil laut menuju Pelabuhan Perikanan Lampulo Banda Aceh untuk bongkar muat, Kamis (30/4/2020) subuh.

Sekitar pukul 17.00 WIB di perairan Lhokseudu, boat dihantam ombak besar dan kemasukan air dari arah kiri kanan. Pawang boat berencana menepi ke arah Pantai Pulau Rusa namun mesin boat mati karena kemasukan air," ungkapnya.

"Pawang boat melaporkan kejadian ini ke pengurus boat yang berada di Lampulo yang diteruskan ke SAR dan pihak terkait, tim langsung menuju ke lokasi untuk melakukan evakuasi," ungkapnya.

Pukul 23.00 WIB, tim SAR tiba di lokasi dan menemukan ketiga korban tengah terombang ambing di atas boat yang setengahnya sudah tenggelam. Tim langsung mengevakuasi ketiga nelayan ini menuju Pelabuhan Ulee Lheue.

"Alhamdulillah korban selamat lalu diserahkan ke pihak pengurus boat," tambah Kakansar Banda Aceh, Budiono.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...