Sempat Melawan dan Rebut Senjata Petugas

Dor! Perusak Mesin ATM Pakai Kapak Ditangkap

Tersangka IK yang terekam CCTV saat merusak mesin ATM milik Bank Aceh Cabang Kota Sigli dengan menggunakan kapak (Ist)

Sigli, Acehportal.com - Personel Sat Reskrim Polres Pidie mengamankan seorang pria yang diketahui telah merusak sebuah mesin ATM milik Bank Aceh Cabang Kota Sigli pada tanggal 25 April siang lalu.

Tersangka ditangkap di kawasan Gampong Cireuh Kupula, Kecamatan Delima, Pidie, Kamis (30/4/2020) dini hari sekitar pukul 00.30 WIB setelah polisi melakukan serangkaian penyelidikan atas laporan dari pihak bank.

Informasi yang dihimpun dari Dir Reskrimum Polda Aceh, Kombes Pol Agus Sarjito, tersangka yang ditangkap berinisial IK (40), warga Kecamatan Delima, Pidie.

Sementara, kasus pengrusakan mesin ATM itu dilaporkan oleh Firdaus Fahlevi (32), seorang karyawan bank setempat yang merupakan warga Kecamatan Kota Sigli, Pidie.

"Polres Pidie mendapatkan informasi tentang keberadaan pelaku pengrusakan mesin ATM itu, lalu Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar langsung memerintah Sat Reskrim, Intelkam dan Polsek Delima membentuk tim untuk menangkap pelaku," ujarnya.

Setelah tim terbentuk, polisi langsung menuju ke lokasi yakni rumah IK untuk melakukan penangkapan. Saat itu, ia sedang berada di dalam rumah hingga polisi melakukan penggerebekan.

"Awalnya diamankan, namun saat dibawa ke mobil petugas tersangka melawan dan hendak merebut senjata petugas serta kabur. Sehingga, tim melakukan tindakan tegas terukur dengan melumpuhkan pelaku dan lalu dibawa ke rumah sakit untuk penanganan medis," ungkapnya.

Di lokasi penggerebekan rumah IK, polisi pun menemukan sejumlah barang bukti lain berupa motor Supra, sebuah kapak bergagang kayu beserta sejumlah pakaian. Dimana, seluruh barang ini digunakan IK saat beraksi merusak mesin ATM tersebut.

"Pengrusakan ATM dilakukan menggunakan kapak, selain itu ditemukan barang bukti lain berupa tiga rantinf ganja kering yang diduga bekas pakai pelaku, pendalaman masih dilakukan," kata Direktur.

Sementara itu, Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan Siregar melalui Kasat Reskrim, AKP Eko Rendi Oktama yang dikonfirmasi terpisah mengaku, pihaknya belum dapat mengetahui motif pelaku melakukan pengrusakan itu.

Pasalnya, saat ini tersangka IK masih menjalani perawatan di rumah sakit di Pidie usai dilumpuhkan petugas menggunakan timah panas karena berusaha melawan dan kabur serta merebut senjata petugas.

"Belum dapat digali karena tersangka sedang dirawat, iya bang," kata Kasat Reskrim yang akan memberikan informasi lanjut terkait perkara ini, khususnya motif pelaku merusak mesin ATM.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Breaking News

Komentar

Loading...