Bangkitkan Motivasi di Tengah Pandemi, UKM Center Gelar Seminar Online bersama Pemerintah Aceh dan Bank Indonesia

UKM Center Gelar Seminar Online bersama Pemerintah Aceh dan Bank Indonesia

Banda Aceh, Acehportal.com - Dalam rangka mendorong pertumbuhan UMKM dan IKM Aceh di tengah pandemi global yang saat ini telah berdampak terhadap berbagai sektor perekonomian, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Aceh bersama Dinas Koperasi dan UMKM dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh mengadakan seminar secara online, Kamis (23/4/2020) kemarin.

Dimana, dalam kegiatan itu masing-masing perwakilan menjadi narasumber dalam seminar ekonomi yang diselenggarakan oleh UKM Center Universitas Syiah Kuala bertema "Membangkitkan UMKM/IKM Aceh sebagai Garda Terdepan dalam Pergerakan Ekonomi Aceh" melalui aplikasi Zoom Meeting itu.

Acara diskusi online ini dihadiri sekitar 98 peserta, mulai dari kalangan pemerintah, pelaku usaha, akademisi dan mahasiswa.

Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Aceh, Z Arifin Lubis dalam pemaparannya menyampaikan, overview kondisi perekonomian Aceh terkini.

Di tengah pandemi Covid-19 yang melanda berbagai belahan dunia, perekonomian Aceh berpeluang tumbuh positif walaupun mengalami penurunan yang signifikan.

Ia menyampaikan, dampak negatif pandemi Covid-19 sangat dirasakan sektor informal seperti pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah serta Industri Kecil & Menengah di Aceh.

"Untuk mengatasi situasi tersebut, Bank Indonesia melakukan berbagai hal untuk mendukung para pelaku UMKM agar tetap dapat bertahan menghadapi situasi pandemi ini," ujarnya Jumat (24/4/2020).

Beberapa hal yang telah dilakukan Bank Indonesia antara lain melakukan komunikasi secara berkala dan mendukung program yang akan dilakukan dinas terkait, baik berupa pelatihan, edukasi dan sosialisasi kebijakan kepada UMKM serta senantiasa melakukan monitoring dan memberikan rekomendasi kepada UMKM di Aceh.

"UMKM harus senantiasa mempersiapkan diri menghadapi kemungkinan terburuk pandemi Covid-19," katanya.

Arifin juga berpesan kepada pelaku usaha selalu update dengan berbagai kebijakan dan informasi terbaru, dan secara rutin menjaga komunikasi dengan Pemerintah, perbankan dan stakeholder terkait lainnya agar pihak-pihak yang berperan dalam penanganan dampak Covid-19 terhadap perekonomian dapat mengerti situasi terkini dan bentuk dukungan yang tepat.

Sementara, Sekrataris Dinas Koperasi dan UMKM Aceh, Zulfadli menyampaikan, situasi pandemi ini pasti akan berlalu sehingga para pelaku usaha harus menjaga optimisme dan keyakinan.

"Di sisi lain, Dinas Koperasi dan UMKM juga berharap para pelaku usaha dapat bangkit dengan memanfaatkan fasilitas e-commerce (seperti website www.acehsale.co.id) sebagai sarana meningkatkan penjualan," ungkapnya.

Kabid Pengembangan Industri Menengah Disperindag Aceh, Munarwan mengungkapkan, para pelaku UMKM dan IMKM dapat memaksimalkan peluang dalam pemenuhan kebutuhan bahan-bahan pangan yang selama ini masih belum dapat dipenuhi dari dalam wilayah Aceh sebagai alternatif usahanya.

"Dinas Perindustrian dan Perdagangan juga mengharapkan kelak ekonomi Aceh dapat tumbuh dengan baik dan diikuti oleh peningkatan ekspor yang signifikan," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Ekonomi

Komentar

Loading...