Unimal Beri 30 GB Kouta Internet Gratis Kepada Mahasiswa

Rektor Unimal, Dr Herman Fithra (Ist)

Lhokseumawe, Acehportal.com - Universitas Malikussaleh (Unimal) memberikan 30GB kouta internet gratis kepada mahasiswa untuk membantu dalam menjalankan kuliah online (daring) di masa pandemi Virus Corona (Covid 19), Kamis (23/4/2020).

Rektor Unimal, Herman Fithra mengatakan, kebijakan Unimal memberikan paket data kepada mahasiswa Unimal untuk membantu mahasiswa dalam menjalankan kuliah online.

Saat ini, berjumlah mahasiswa menempuh pendidikan di Unimal berjumlah lebih kurang 18 ribu mahasiswa.

Ia menjelaskan,  kebijakan ini baru dilakukan karena saat ini forum rektor PTN Satker telah diberikan lampu hijau oleh Kementerian Keuangan untuk mengambil kebijakan affirmative.

"Kita harus melakukan revisi anggaran melalui bagian perencanaan, agar anggaran yang dikeluarkan memiliki justifikasinya," ungkapnya.

Dirinya menyebutkan, Unimal telah memberlakukan kebijakan lock down kuliah sejak 16 Maret lalu dan memberlakukan pembelajaran daring seminggu setelahnya.

Dampak yang dirasakan adalah kesulitan bagi mahasiswa untuk memiliki paket data, apalagi untuk kuliah video (video conference).

Rektor menjelaskan, situasi saat ini sangat memberatkan bagi Unimal. Pertama, kasus Covid ini telah menyebabkan semua anggaran negara melalui unit kegiatan telah mengalami revisi dan pemotongan.

Anggaran BOPTN (Bantuan Operasional Perguruan Tinggi Negeri) Unimal mengalami pemangkasan sebesar Rp. 1,67 miliar atau setara 11 persen dari total BOPTN.

Kedua, kebijakan memberikan paket data ini harus disegerakan. Karena proses perkuliahan daring tetap berjalan selama bulan puasa hingga 29 Mei. Kebijakan tersebut harus segera diambil untuk meringankan mahasiswa.

Selanjutnya Rektor mengatakan, saat ini Unimal bekerja sama dengan Telkomsel untuk memperoleh paket data. Paket data itu akan didapatkan oleh mahasiswa setelah mendaftarkan nomornya ke Prodi masing-masing. Paket data ini tidak hanya diberikan kepada mahasiswa strata 1 tapi juga untuk program magister.

"Kerja sama dengan Telkomsel ini termasuk mengaktifkan 30 GB yang didapatkan melalui Cloud-X. Pihak kampus akan menambah 4 GB lagi untuk searching referensi di internet. Data Cloud-X ini memang telah diberikan dengan harga sangat murah oleh Telkomsel yaitu Rp. 10 untuk satu bulan,” paparnya.

Komentar

Loading...