Warga Kawasan Waduk Keureuto Demo Kantor Pertanahan

Perwakilan masyarakat dari kawasan pembangunan Waduk Keureuto melakukan demo di Kantor Pertanahan Aceh Utara, Rabu (22/4/2020). (Mulyadi/Acehportal.com)

Lhoksukon, Acehportal.com - Puluhan perwakilan masyarakat dari kawasan pembangunan Poyek Strategis Nasional (PSN) Waduk Keureuto, Aceh Utara melakukan aksi demo di kantor Pertanahan Aceh Utara, Rabu (22/4/2020).

Dalam aksinya itu, para pendemo ini menuntut terkait kejelasan penetapan tapal batas.

Ketua Lembaga Tuha Peut Gampong Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong, Aceh Utara yakni Sulaiman mengatakan, pihaknya mendatangi Kantor Pertanahan Aceh Utara untuk mempertanyakan kejelasan penetapan batas.

Kemudian dirinya mengatakan, dari hasil pertemuan membahas sengketa batas kecamatan, akhirnya kedua belah pihak setuju dengan penetapan batas berpedoman pada peta TOPDAM.

"Kami menyetujui dengan peta TOPDAM, karena telah sesuai dengan peta yang dipegang warga Blang Pante, peta yang ada sama kami sama dengan peta TOPDAM,” ucapnya.

Ia menyebutkan, peta yang selama ini dijadikan pedoman warga Blang Pante diantaranya adalah peta kawasan perkebunan, peta amdal bangunan proyek dan peta rencana pembangunan Aceh Utara. Sementara, dari Kecamatan Tanah Luas tidak menyerahkan peta pedomannya.

Menurut peta, sambungnya, kawasan Alue Krueng dan kawasan Alue Tualang masuk dalam Blang Pante. Sementara kedua kawasan tersebut masuk dalam pembangunan Waduk Krueng Keureuto.

“Saat ini kita menunggu keputusan dari Aceh Utara (Bupati) Muhammad Thaib. Kami mengharapkan keputusan itu nantinya tidak akan mendhalimi warga,” harapnya.

Sementara itu, Sekdakab Aceh Utara, Abdul Azis menjelaskan, penyelesaian sengketa tersebut penting untuk kelancaran pembangunan waduk sebagai proyek strategis nasional.

Sekda menjelaskan, Pemkab Aceh Utara telah memediasi pertemuan penyelesaian sengketa batas Gampong Blang Pante, Kecamatan Paya Bakong dengan Gampong Plu Pakam, Kecamatan Tanah Luas.

“Kedua pihak akhirnya setuju batas kedua kecamatan itu, sesuai dengan peta TOPDAM, peta tersebut lebih akurat dibandingkan dengan peta lainnya,” paparnya.

Penulis:CR Mulyadi
Editor:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...