Satu Hektar Lahan Kosong Terbakar di Aceh Utara, Pemilik Lahan Dipanggil Polisi

Anggota kepolisian memantau lahan yang terbakar (Ist)

Lhoksukon, Acehportal.com - Kebakaran lahan terjadi di kawasan Gampong Ujung Dama, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara kemarin. Diprediksikan, api berasal dari sebuah lahan kosong yang ditumbuhi semak belukar.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kapolsek Baktiya, Ipda Mahmud, Senin (20/4/2020) mengatakan, dari hasil pemantauan yang dilakukan pihaknya ke lokasi titik kebakaran, api sudah padam dan hanya menyisakan asap.

“Kejadian ini tidak menimbulkan kejadian yang fatal, pemilik lahan sudah kita panggil ke kantor dan diberitahukan tentang larangan pembakaran lahan serta sanksi hukumnya, setelah itu kembali diizinkan pulang, pemilik lahan harus faham akibat yang ditimbulkan dari pembakaran lahan” ujarnya.

Kapolsek menambahkan, terkait larangan pembakaran hutan dan lahan, pihak kepolisian khususnya beserta unsur terkait lainnya rutin melakukan sosialisasi karhutla kepada masyarakat.

“Kebakaran lahan harus diantisipasi, jangan sampai bencana asap menimpa kita, sangat berbahaya,” kata dia.

Dia menyebutkan, satu titik panas kebakaran lahan terdeteksi melalui aplikasi lancang kuning yang dipakai pihak Polsek Baktiya, Polres Aceh Utara terjadi di kawasan Gampong Ujung Dama, Kecamatan Baktiya, Aceh Utara.

“Ternyata, titik api yang termonitor itu diketahui berasal dari sebuah lahan kosong seluas kurang lebih satu hektar, tumbuhan semak belukar dalam lahan tersebut dibakar dengan sengaja oleh pemiliknya,” jelasnya.

Pemilik lahan itu, tambah Ipda Mahmud, adalah Zubir (48 tahun) warga Kecamatan Tanah Jambo Aye, Aceh Utara.

Penulis:CR Mulyadi
Editor:Hafiz
Rubrik:HukumPeristiwa

Komentar

Loading...