Satu Lagi Warga di Pidie Positif Covid 19

Foto: Ilustrasi corona (Fauzan Kamil/detikcom)

Banda Aceh, Acehportal.com - Bertambah satu lagi pasien dalam pengawasan (PDP) di Aceh yang dinyatakan positif terinfeksi virus corona.

Pasien ini pria, berinisial AI (54), berasal dari Medan, Sumatera Utara, tapi sakit di Kabupaten Pidie.

Ia merupakan pasien yang dirujuk oleh Rumah Sakit Umum Sigli, Pidie, ke RSUZA Banda Aceh setelah rapid testnya di Sigli menunjukkan hasil positif corona.

Dengan demikian, sudah tujuh orang PDP di Aceh yang positif terinfeksi Covid-19.

Informasi itu diperoleh Serambinews.com dari Direktur Rumah Sakit Umum dr Zainoel Abidin (RSUZA) Banda Aceh, Dr dr Azharuddin, Sp.OT, K-Spine FICS di Banda Aceh, Minggu (19/4/2020) siang.

Hasil pemeriksaan swab AI dikeluarkan oleh Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta pada Sabtu (18/4/2020) sore dan baru diterima pihak RSUZA Banda Aceh, Minggu siang.

Di dalam lampiran surat pengantar yang ditandatangani Kepala Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta Kemenkes RI, dr Niken Wastu Palupi MKM itu tercantum dua nama.

Selain AI adalah perempuan berinisial As (42) asal Kecamatan Manggeng, Aceh Barat Daya.
Berdasarkan hasil rapid test di RSU Teungku Peukan Blangpidie, perempuan ini positif corona. Tapi hasil swab-nya justru negatif.

Sabtu kemarin seorang pria asal Gayo Lues juga positif corona setelah hasil swab-nya dikeluarkan Balai Besar Laboratorium Kesehatan Jakarta.

Dengan demikian, kata Azhar, hingga hari ini tujuh orang di Aceh yang positif corona. Enam orang penduduk Aceh, satu lagi dari Medan, Sumut.

Dari ketujuh pasien positif corona itu hanya satu yang meninggal pada 23 April 2020 yakni AA (56), warga Kota Lhokseumawe.
Dua orang lagi kini dalam perawatan di Ruang Respiratory Intensive Care Unit (RICU) RSUZA. Sedangkan empat orang lagi dinyatakan sembuh dan sudah pulang ke kediaman masing-masing.

Mereka terdiri atas dua orang pria dari Aceh Besar dan dua lagi merupakan pasangan suami istri dari Kota Banda Aceh.

Komentar

Loading...