Polres Aceh Utara Juga Simulasikan Pemulasaran Jenazah Covid-19

Personel Polres Aceh Utara mengikuti pelatihan dan simulasi penanganan jenazah Covid-19. (Ist)

Lhoksukon, Acehportal.com - Polres Aceh Utara bersama Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Utara dan stakeholder lainnya menggelar pelatihan dan simulasi pemulasaran/penanganan jenazah Covid-19.

Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kapolres yang diwakili oleh Kabag Ops Polres Aceh Utara, AKP Syukrif Panigoro ini berlangsung Aula Tribrata Polres Aceh Utara, Jumat (17/4/2020).

Kabag Ops mengatakan, kegiatan pelatihan dan simulasi pemulasaran atau penanganan jenazah Covid-19 ini dilakukan untuk menyamakan persepsi antara Polres Aceh Utara, Pemkab Aceh Utara dan stakeholder lainnya dalan penanganan Jenazah Covid-19.

“Kegiatan ini untuk memberikan gambaran kejadian ril di lapangan tentang cara penanganan Jnazah Covid-19 sesuai SOP sebagai acuan petugas dilapangan dalam Penanganan jenazah pasien menular di layanan kesehatan," ungkapnya.

Selain itu, kegiatan ini juga bertujuan untuk mencegah terjadinya transmisi atau penularan penyakit dari jenazah ke petugas kamar jenazah atau tim medis. Juga, untuk mencegah terjadinya penularan penyakit dari jenazah ke lingkungan dan pengunjung.

Seluruh petugas pemulasaran jenazah ini dilatih menjalankan kewaspadaan standar. Petugas, kata mantan Kasat Lantas Polres Aceh Singkil ini, dilatih cara memberikan penjelasan kepada pihak keluarga tentang penanganan khusus bagi jenazah yang meninggal dengan penyakit menular.

“Jika ada keluarga yang ingin melihat jenazah diizinkan dengan memakai Alat Pelindung Diri (APD) lengkap sebelum jenazah masuk kantong jenazah, petugas yan menangani jenazah wajib menggunakan APD lengkap,” jelasnya.

Syukrif juga menjelaskan, terhadap jenazah tidak disuntik  atau pun dilakukan pembalseman. Jenazah dibungkus menggunakan kain kafan yang kemudian dibungkus lagi dengan menggunakan plastik kedap air kemudian diikat.

“Masukkan jenazah ke dalam kantong jenazah yang tidak mudah tembus air, pastikan kantong jenazah disegel dan tidak dibuka lagi. Lakukan desinfektan di luar kantong jenazah dengan cairan desinfektan, jenazah hendaknya dibawa menggunakan brangkas khusus ke ruang pemulasaran jenazah dengan memperhatiakan kewaspadaan standar,” paparnya.

Kabag Ops juga menyebutkan, khusus wilayah Aceh Utara, tidak menyediakan lahan khusus untuk penguburan jenazah Covid-19. Oleh karenanya, penguburan dapat dilaksanakan di tempat pemakaman umum atau lokasi pemakaman keluarga.

Komentar

Loading...