Selisih 354 Dus, Rokok Ilegal Tangkapan Bea Cukai Dipertanyakan

Foto Wartanusa.id

Langsa, Acehportal.com - Sebanyak 354 Dus dari total 1.020 dus rokok ilegal tangkapan bea cukai, raib tak diketahui dimana rimbanya.

Pasalnya, diketahui terdapat perbedaan data sesuai rilis yang disampaikan Kabid Humas Kanwil Bea Cukai Aceh, Isnu Irwantoro pada Ahad (12/4/2020) lalu.

Diketahui, Bea Cukai Kanwil Aceh, Bea Cukai Kuala Langsa dan Kanwil Khusus Kepulauan Riau (Kepri) menggagalkan upaya penyelundupan rokok impor ilegal (tidak dilekati pita cukai) yang diduga berasal dari Thailand sebanyak 1.020 kardus di perairan Peureulak, Aceh Timur.

Akan tetapi setelah dilakukan bongkar muat pada Selasa (14/4/2020) lalu oleh petugas KPPBC Kuala Langsa, hanya 666 dus dibawa ke Kantor KPPBC setempat yang berada di Jalan Cut Nyak Dhien Gampong Jawa, Kecamatan Langsa Kota.

Dengan selisih 354 dus, tangkapan rokok ilegal yang di lakukan bea cukai tersebut patut dipertanyakan penyebabnya. Sehingga tidak menimbulkan kecurigaan akan adanya indikasi penggelapan barang bukti.

Kasi Kepatuhan Internal KPPBC Kuala Langsa, Iwan Kurniawan saat dikonfirmasi membantah tudingan telah melakukan penggelapan sebanyak 354 dus rokok illegal.

Namun, terkait selisih jumlah awal yang disampaikan merupakan perhitungan perkiraan pada saat dilakukan penindakan.

"Kendati demikian, untuk jumlah pastinya akan diketahui setelah ada proses pencacahan,” terang Iwan.

Komentar

Loading...