Seekor Gajah Sumatera Kembali Mati di Aceh Timur

Ilustrasi gajah mati

Idi, Acehportal.com - Seekor gajah Sumatera liar kembali ditemukan mati di Aceh Timur, Rabu (15/4/2020) siang kemarin di areal perkebunan sawit milik PT  Makmur Inti Bersaudara, tepatnya di Gampong Seumanah Jaya, Kecamatan Ranto Peureulak.

Kapolsek Ranto Peureulak, Ipda Wisnu Bramantyo mengatakan, penemuan bangkai gajah yang diketahui berjenis kelamin jantan tersebut berawal dari laporan masyarakat.

“Pertama sekali ditemukan oleh saksi bernama Hasbi (40). Saat itu saksi hendak mencari rumput untuk pakan ternaknya,” kata Wisnu.

Saksi lalu menginformasikan hal inikepada Bhabinkamtibmas Polsek Ranto Peureulak. Pihaknya yang menerima laporan bersama anggota Koramil Ranto Peureulak dan tim CRU Aceh Timur langsung mendatangi lokasi temuan.

"Hasil pengamatan tim CRU, gajah ini berusia sekitar 5 tahun dan sudah mati sekitar empat hari lalu. Dugaan sementara mati bukan karena dibunuh untuk diambil gadingnya, tapi diduga karena sakit atau keracunan karena gadingnya masih utuh," ungkapnya.

Saat ini, gading pada bangkai gajah tersebut sudah diamankan oleh Tim CRU Aceh Timur. "Besok, Kamis (16/04/2020) tim BKSDA Aceh bersama tim dokter akan ke lokasi untuk melakukan nekropsi terhadap bangkai gajah tersebut," katanya.

Sementara itu, Kepala BKSDA Aceh, Agus Aryanto yang dikonfirmasi terpisah Kamis (16/4/2020) siang juga membenarkan hal itu. Ia mengaku, saat ini tim kedokteran hewan bersama BKSDA Aceh sedang menuju ke Aceh Timur untuk penanganan lanjut.

"Tim kedokteran hewan yang akan melakukan nekropsi sudah bergerak dari Balai menuju ke lokasi, nanti kamu informasikan pasca nekropsi," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...