UMKM Jahit 100.000 Masker untuk Dibagikan kepada Masyarakat

Aminullah: Pemko Banda Aceh Semprot Disinfektan di 300 Lokasi Publik

Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman

Banda Aceh, Acehportal.com - Pemerintah Kota Banda Aceh melalui BPBD bekerja sama dengan Dinas Damkar dan Keselamatan serta Satpol PP/WH melakukan penyemprotan disinfektan di 300 lokasi publik, mulai dari perkantoran, pasar, hingga rumah ibadah.

Hal tersebut disampaikan oleh Wali Kota Banda Aceh Aminullah Usman pada rapat Forkopimda bersama para kepala dinas, camat, dan pejabat terkait lainnya di pendopo, Kamis 16 April 2020.

Menurut Aminullah, penyemprotan disinfektan dilakukan untuk mencegah penyebaran Covid-19. "Hingga hari ini sudah ada 156 titik yang kita semprot disinfektan yang terdiri dari masjid, meunasah, dayah, pasar, hingga perkantoran," ujarnya.

Pihaknya menargetkan ada 300 titik ruang publik di Banda Aceh yang akan disemprot disinfektan, termasuk sekolah-sekolah, kantor desa, dan tempat publik lainnya. "Dan pada Sabtu lusa, kita akan turun bersama Forkopimda untuk melakukan penyemprotan di jalan-jalan protokol di pusat kota dan seputaran Masjid Raya Baiturrahman," ujarnya lagi.

Di samping itu, pihaknya juga sudah membagikan  100 wastafel (tempat cuci tangan) untuk ruang publik dan tempat ibadah. "Pembagian masker juga terus berlanjut -sudah 20.000 masker kita bagikan, dan saat ini sedang ditambah 100.000 masker lagi produksi para pelaku UMKM Banda Aceh."

Sebelumnya Pemko Banda Aceh pun telah menyalurkan zakat bagi fakir miskin dan uzur, dengan total penerima sebanyak 6.653 orang dan jumlah dana Rp 4,9 miliar. Lalu ada pula pasar murah  online dengan total 4.000 paket Sembako yang telah disalurkan. "Khusus untuk pasar murah online, sedang kita persiapkan tambahan ribuan kuota paket Sembako untuk minggu depan. Ini juga untuk menurunkan harga Gula di pasaran," katanya.

Pada kesempatan itu, wali kota juga menyampaikan update penanganan terhadap Orang Dalam Pemantauan (ODP) Covid-19. "Dari 545 ODP tinggal 77 orang lagi yang dalam pemantauan. Sementara dua pasien positif alhamdulilah sudah sembuh dan telah kembali ke keluarganya. Ini patut kita syukuri." tutupnya.

Komentar

Loading...