Tercatat Ada 1.373 OPD Covid 19 di Aceh

Juru Bicara Pemerintah Aceh, Saifullah Abdulgani dan Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif saat konferensi pers (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Jumlah orang dalam pemantauan (ODP) terkait virus Corona (Covid 19) di Aceh diketahui sebanyak 1.373 kasus atau terjadi penambahan sebanyak 10 kasus bila dibandingkan dengan satu hari sebelumnya.

"Dari jumlah ODP itu, 1.005 kasus telah selesai proses pemantauan dan 368 masih dalam pemantauan petugas kesehatan," ujar Juru Bicara Covid 19 Aceh, Saifullah Abdulgani atau yang akrab disapa SAG, Minggu (12/4/2020) kemarin.

SAG menyebutkan, jumlah pasien dalam pengawasan (PDP) terkait Covid 19 di Tanah Rencong tidak ada penambahan dan angkanya masih tetap sebanyak 60 orang.

"Dari jumlah tersebut tiga pasien masih dirawat di rumah sakit rujukan, baik di tingkat provinsi maupun kabupaten/kota, sedangkan 55 PDP lainnya telah diperbolehkan pulang," katanya.

Selain itu, jelas SAG, semua pasien positif COVID-19 di daerah Serambi Mekkah itu yang sempat mendapat perawatan medis telah dinyatakan negatif atau sembuh.

Pasien positif terakhir yang sembuh di RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh yakni AJ, 60 tahun, warga Kota Banda Aceh, setelah mendapat hasil sampel lendir (swab) yang keempat dari Balitbangkes RI di Jakarta.

"Kita bersyukur kepada Allah dan memberikan apresiasi yang tinggi kepada tim medis Covid 19 RSUD Zainoel Abidin Banda Aceh yang pantang menyerah mengobati pasien-pasiennya melawan virus corona," ungkapnya.

Diketahui, AJ merupakan pasien positif COVID-19 keempat yang dinyatkan sembuh dari lima orang yang terkonfirmasi positif COVID-19 di Aceh.

"Tiga pasien yang dinyatakan sembuh sebelumnya yaitu IB, laki-laki, umur 60 tahun dari Aceh Besar, YRP laki-laki, 23 tahun dari Aceh Besar, dan IF perempuan umur 60 tahun dari Kota Banda Aceh. Satu lainnya meninggal dunia, bulan lalu,” tambahnya.

Penulis:Hafiz
Editor:Hafiz
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...