Muspika Baiturrahman Maksimalkan Peran FOKBAR dan Muhtasib Cegah Penyebaran Covid-19

pengurus FOKBAR dan para muhtasib gampong ke kantor Camat, Senin (13/4/2020).

Banda Aceh, Acehportal.com - Muspika Kecamatan Baiturrahman Banda Aceh terus melakukan upaya-upaya pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di kecamatan tersebut.

Salah-satu upaya adalah dengan memaksimalkan peran forum kepemudaan Baiturrahman atau yang lebih dikenal dengan FOKBAR dan muhtasib gampong.

Camat Baiturrahman, Muhammad Rizal S STP bersama Muspika, yakni Kapolsek Baiturrahman AKP Irwan, Danramil Baiturrahman Kapten Ridwan, Kepala KUA Saifullah, para Imum Mukim dan para Keuchik mengumpulkan pengurus FOKBAR dan para muhtasib gampong ke kantor Camat, Senin (13/4/2020).

Kegiatan ini dilakukan sesuai protokol kesehatan, dimana anggota FOKBAR, muhtasib dan para hadirin lainnya berbaris rapi di halaman kantor camat dengan jarak 1,5 meter. Sebelum arahan disampaikan camat, anggota FOKBAR dan muhtasib lebih dulu diberikan masker dan sarung tangan.

Muhammad Rizal dalam arahannya menyampaikan, pencegahan pandemi Covid-19 adalah tugas bersama. Virus yang menyerang paru-paru manusia ini saat ini menjadi persoalan bersama. Bukan hanya tugas pemerintah saja.

Karenanya, Camat meminta semua pihak, termasuk FOKBAR dan muhtasib meningkatkan kontribusi dengan cara terus memberikan edukasi kepada seluruh masyarakat gampong dalam memutus mata rantai penyebaran virus yang berasal dari Wuhan tersebut.

“Ini adalah tugas bersama, mari kita semua bekerja bersama-sama menghentikan penyebaran Covid-19. Caranya, kita harus keliling kampung berikan sosialisasi dan edukasi kepada warga kita,” ajak M Rizal.

Katanya, sosialisasi harus dilakukan secara terus menerus. Tidak hanya kepada masyarakat gampong tetapi juga untuk para pelaku usaha, seperti warkop, cafe dan tempat keramaian lainya.

“Kita harus keliling untuk memantau, warkop harus kita pastikan untuk menerapkan phisycal distancing (jaga jarak). Minimal jarak antara satu kursi dengan kursi lainnya 1,5 meter sesuai instruksi Wali Kota. Kemudian dianjurkan tetap melayani take away agar tidak terjadi kerumunan di kedai kopi,” ujar M Rizal.

** Juga Serahkan Bantuan Paket Sembako*

Selain menyampaikan arahan, Muspika Baiturrahman juga menyerahkan bantuan paket sembako untuk para ketua pemuda yang tergabung dalam FOKBAR dan para muhtasib dari seluruh gampong yang ada di Kecamatan Baiturrahman.

Paket sembako tersebut terdiri dari beras, minyak goreng dan telur.

Bantuan tersebut merupakan sumbangsih dari Muspika Baiturrahman yang selama ini berinisiatif menghimpun bantuan.

“Ini sumbangsih dari Muspika, yang memiliki rezeki lebih menyisihkannya dan kita jadikan paket sembako. Hari ini kita berikan untuk FOKBAR dan muhtasib dimana mereka selama ini telah berkontribusi di gampong masing-masing,” kata camat.

Lanjut camat, bantuan yang berhasil dihimpun juga telah disalurkan kepada penerima yang dinilai berhak mendapatkannya.

“Sebelumnya kita juga ada menghimpun dari teman-teman, kemudian kita menyalurkan untuk beberapa warga yang terdampak dari pandemi ini. Ada untuk istri nelayan, untuk tukang ojek hingga tukang becak. Intinya kita lihat yang terdampak, siapa saja yang kita lihat layak dibantu kita berikan selama stok masih ada,” kata M Rizal.

Ia juga menyebutkan, pihaknya terus menghimpun bantuan-bantuan tersebut dan akan terus menyalurkannya untuk warga yang berhak yang terdampak pandemi corona.

Penulis:Rol
Rubrik:Kota

Komentar

Loading...