Viral di Sosmed, Oknum Polantas Medan Diduga Lakukan Pungli dan Perbuatan Tidak Menyenangkan Diperiksa

Screenshot video viral di Sosmed, Oknum Polantas Medan Diduga Lakukan Pungli dan Perbuatan Tidak Menyenangkan terhadap pengemudi nopol BL

MEDAN - Beredar di sosial media, video dugaan oknum polisi melakukan perbuatan yang diduga tidak menyenangkan.

Video yang berdurasi kurang lebih 3 menit tersebut telah viral di Facebook dan beredar di grub-grub WhatsApp milik Jurnalis.

Dalam video ini, seorang pria berpakaian polisi menghentikan mobil Toyota Yaris putih dengan plat BL (Aceh).

POLISI tengah melakukan pemeriksaan terhadap Bripka RS anggota unit Satlantas Polsek Medan Timur, Sabtu (11/4/2020) yang diduga memungli dan melakukan perbuatan tidak menyenangkan pada pengemudi Yaris. Di samping pria berkaos biru, yang menurut si perekam video menerima uang pungli.TRIBUN MEDAN/HO

Sang perekam video menyebut si oknum polisi menerima uang melalui temannya yang berpakaian sipil.

Entah ada yang terjadi, si oknum polisi disebut meludahi mobil Yaris putih.

Selanjutnya si pengemudi Yaris keluar dari mobilnya dan saling bertekak dengan si oknum polisi.

Si perekam video yang punya aksen Aceh dan sebelumnya sudah menjadi korban si oknum polisi, keluar dari mobilnya mendekati si oknum polisi sambil terus merekam.

Salah satu akun Facebook yang mengupload video ini menuliskan:

"Padahal ludah bisa menularkan Virus Corona, Pengemudi Mobil Yaris Diludahin," tulis akun Ling.

Terkait aksi yang diduga tidak menyenangkan tersebut, Kabid Humas Polda Sumut Kombes Tatan Dirsan Atmaja memberikan keterangan resmi.

Dalam keterangannya, ia menjelaskan bahwa pihak kepolisian masih melakukan penyelidikan dan pemeriksaan terhadap oknum tersebut.

"Kapolda Sumut langsung memerintahkan Kabid Propam dan Kapolrestabes Medan untuk mengecek kebenaran berita viral di media Sosial oknum anggota Lalu lintas Polrestabes Medan.

Yang mana diduga melakukan pungli dan perbuatan tidak menyenangkan kepada masyarakat," ujarnya, Sabtu (11/4/2020) malam.

Kabid Humas Polda Sumut Kombes Pol Tatan Dirsan Atmaja SIK mengatakan bahwa hasil lidik di lapangan identitas oknum tersebut berinisial adalah Bripka RS, Personil Unitlantas Polsek Medan Timur.

Yang bersangkutan saat ini sedang di periksa unit Paminal Polrestabes Medan guna dihadapkan kepada Wakapolrestabes Medan dan akan dilakukan pendalaman dari video tersebut.

"Dan apabila benar sesuai berita yang beredar maka oknum yang bersangkutan akan di proses, sidang disiplin serta penindakan oleh Sie Propam Polrestabes Medan," tegas Tatan Dirsan Atmaja.

Dalam hal ini, lanjut mantan Wakapolrestabes Medan ini, pihaknya mengucapkan terimakasih atas informasi yang diberikan dan mohon maaf atas prilaku oknum anggota yang masih berprilaku meresahkan masyarakat.

"Bapak Kapolda Sumut dalam hal ini tegas memberikan sangsi dan akan menindak tegas terhadap prilaku-prilaku anggota yang menyimpang atau meresahkan masyarakat," pungkasnya.

Komentar

Loading...