Pengelola Warung Kopi di Aceh Diimbau Berikan Contoh ke Pengunjung Soal Pencegahan Penyebaran Corona

Dir Samapta Polda Aceh, Kombes Pol Misbahul Munauwar selaku Kasatgas Opsda Aman Nusa II saat memberikan masker ke pengelola salah satu warung kopi di Banda Aceh, Jumat (10/4/2020).

Banda Aceh, Acehportal.com - Selain rajin mencuci tangan menggunakan sabun, penggunaan masker juga dianjurkan sebagai upaya mencegah penyebaran virus Corona (Covid 19).

Bahkan, pemerintah pusat juga telah mengingatkan seluruh rakyat Indonesia agar kerap menggunakan masker, khususnya saat beraktivitas di luar rumah.

Kapolri, Jenderal Polisi Idham Azis pun memerintahkan jajarannya di Indonesia untuk mengimbau seluruh masyarakat di daerahnya menggunakan masker serta mencegah diri agar tak tertular virus Covid 19.

Begitu pun di wilayah Aceh, Kapolda Aceh Irjen Pol Wahyu Widada yang telah menginstruksikan kepada seluruh jajarannya untuk tak henti-hentinya menghimbau masyarakat tentang pencegahan penyebaran Corona ini yang salah satunya adalah dengan menggunakan masker.

Seperti diketahui, Aceh terkenal dengan kopinya yang luar biasa. Banyak masyarakat Aceh yang kerap menghabiskan waktu di warung kopi untuk sekadar bersantai, bersilaturahmi atau bahkan bekerja.

Hal ini lah yang membuat jajaran Polda Aceh dibawah kepemimpinan Irjen Pol Wahyu Widada menargetkan warung kopi sebagai salah satu tempat sosialisasi bagi masyarakat tentang pencegahan penyebaran Corona.

Dalam menjalankan sosialisasinya, Polda Aceh meminta para pengelola warung kopi di seluruh Aceh untuk memberikan contoh kepada masyarakat, khususnya para pengunjung warung kopi, untuk melindungi dirinya dari penyebaran Corona dengan cara menggunakan masker.

Dir Samapta Polda Aceh, Kombes Pol Misbahul Munauwar selaku Kasatgas Opsda Aman Nusa II berinisiatif memberikan masker kepada pengelola salah satu warung kopi di Banda Aceh.

Masker ini, nantinya akan digunakan oleh pengelola warung kopi termasuk para pekerjanya saat melayani pengunjung dan hal ini diharapkan dapat menjadi contoh bagi para pengelola warung kopi lainnya dan juga bagi pengunjung agar selalu menggunakan masker saat beraktifitas diluar rumah.

"Selain menggunakan masker, mencuci tangan dengan sabun dan lain-lain, jaga jarak juga harus tetap dilakukan karena ini semua bertujuan untuk memutus mata rantai penyebaran virus tersebut dan bila tidak ada kegiatan yang mendesak kiranya tetap dirumah saja," ujarnya Jumat (10/4/2020).

Misbah menjelaskan, apa yang dilakukan Polda Aceh selama ini adalah sebagai bentuk dukungan Polri kepada pemerintah dalam membantu memutuskan mata rantai penyebaran Corona di Indonesia, khususnya di Tanah Rencong.

"Sesuai dengan instruksi Kapolri dan telah ditindaklanjuti Bapak Kapolda Aceh, Polri akan terus membantu pemerintah untuk selalu melakukan kegiatan himbauan kepada masyarakat tentang pencegahan penyebaran Virus Corona," kata mantan Kabid Humas Polda Aceh ini.

Tak hanya menggunakan masker dan berjaga jarak, pengelola warung kopi atau kafe juga diharapkan dapat menyediakan wastafel atau tempat untuk mencuci tangan agar para pengunjung dapat mencuci tangan sebelum atau sesudah mengunjungi tempat itu.

"Meski sebagian warung kopi atau kafe di Aceh, khususnya Banda Aceh sudah ada yang menyediakan, kita harapkan hal serupa juga diterapkan di seluruh warung atau kafe lain di Aceh. Dengan begitu, masyarakat kita akan terbiasa dengan pola hidup bersih dan mampu melindungi dirinya dari penyebaran virus khususnya di tengah pandemi Covid 19 ini," harapnya.

Sebelumnya, personel Satgas Aman Nusa II juga telah melakukan himbauan kepada  para pengunjung dan pengelola warung kopi agar selalu harua menjaga jarak (Physical Distancing) saat berada di warung kopi demi keamanan kita bersama.

Sosialisasi ini juga diberikan dan diterapkan ditempat2 publik lainnya dimana petugas membantu dan memberikan arahan dan informasi tentang maklumat Kapolri agar bisa dipatuhi dan dilaksanakan. Hal ini pun disambut dengan antusias oleh pengunjung warung kopi setempat.

"Hal yang serupa juga harus diterapkan di seluruh warung kopi di Aceh guna mencegah dan memurus mata rantai penyebaran Covid 19," kata Kombes Pol Misbahul Munauwar usia memberikan imbauan ke pengunjung warung kopi beberapa hari lalu.

Penulis:Hafiz
Rubrik:KesehatanUmum

Komentar

Loading...