Lagi, Pesawat TNI AU Angkut APD dan Masker untuk Rakyat Aceh

Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hendro Arief bersama Kadis Kesehatan Aceh, Hanif dan rombongan lain saat menyambut kedatangan bantuan masker dan APD kedua di Lanud SIM (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Pesawat Hercules A-1316 milik TNI Angkatan Udara dari Skadron Udara 32 Lanud Abdulrahman Saleh, Malang kembali tiba di Appron Baseops Lanud Sultan Iskandar Muda pukul 15.00 WIB tadi dengan membawa bantuan alat kesehatan berupa APD sebanyak 4.000 buah dan 8.000 buah masker, Jumat (10/4/2020).

Diketahui, bantuan masker dan APD dan masker ini sendiri berasal dari Gugus tugas Nasional Jakarta untuk diserahkan kepada Gugus Tugas Aceh.

Bantuan alat kesehatan untuk percepatan penanganan Virus Corona (COVID-19) itu disambut langsung Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hendro Arief yang didampingi Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif, Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan BPBA, Boby Syahputra dan para pejabat Lanud SIM lainnya.

Danlanud menjelaskan, bantuan Alat Pelindung Diri (APD) ini sudah diterima oleh pihaknya dan akan diserahkan kepada Gugus Tugas Aceh untuk nantinya didistribusikan ke rumah sakit dan puskesmas rujukan kabupaten/kota di Aceh yang menangani Covid-19.

Ini merupakan bantuan APD yang kedua kalinya yang diterima Lanud SIM dan langsung diserahkan kepada gugus tugas Aceh untuk didistribusikan.

"TNI AU pada umunya dan khususnya Lanud Sultan Iskandar Muda siap mendukung kegiatan Negara untuk percepatan penangan virus Corona atau Covid-19 ini," tegas Danlanud.

Sementara, Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif mengatakan kami telah menerima sebanyak 4.000 bantuan Alkes APD dan 8.000 masker dari Gugus Tugas Nasional penanganan Covid-19 melalui Lanud SIM.

"Akan langsung kami distribusikan ke rumah sakit dan puskesmas kabupaten maupun kota," katanya.

Untuk saat ini, ungkapnya, kebutuhan APD dan masker sudah cukup di Aceh dan yang perlukan saat ini adalah masker N95 untuk ruang isolasi. Karena, masker N95 yang dimiliki saat ini sangat terbatas dan yang di gunakan tahun ini adalah masker N95 tahun 2019.

"Jadi kami juga masih berusaha untuk mendapatkan tambahan masker N95, kami dari Dinas Kesehatan Aceh berterimakasih kepada pihak TNI Angkatan Udara, khususnya Lanud Sultan Iskandar Muda yang sudah memfasilitasi dan membantu secara penuh dengan sampainya bantuan ini ke Aceh," ungkapnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...