Sat Reskrim Polres Nagan Raya Cek dan Tertibkan Hand Sanitizer Buatan

Kasat Reskrim Polres Nagan Raya, AKP Fadhilah Aditya Pratama saat mengecek dan menertibkan hand sanitizer yang beredar

Sukamakmue, Acehportal.com - Sat Reskrim Polres Nagan Raya melakukan pengecekan dan penertiban terhadap cairan khusus pencuci tangan (hand sanitizer) buatan rumahan (home industry) yang diduga tak memiliki izin edar di wilayah setempat, Kamis (9/4/2020).

Kapolres Nagan Raya, AKBP Risno melalui Kasat Reskrim, AKP Fadhilah Aditya Pratama mengatakan, pengecekan dan penertiban dilakukan di sejumlah toko obat serta apotek yang berada di kawasan Kecamatan Kuala, Nagan Raya.

"Dari hasil pengecekan, ditemukan ada beberapa hand sanitizer buatan rumahan yang dijual di apotek," ujarnya.

Ia menjelaskan, cairan yang dijual ini pun tak memiliki izin edar sesuai dengan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) dari pihak terkait seperti Kementerian Kesehatan dan BPOM. Selain itu, komposisi campuran yang digunakan juga tak diketahui.

"Temuan itu kita koordinasikan ke pihak Dinas Kesehatan dan Dinas Perindustrian Perdagangan mengenai izin layak edarnya, tidak kita tindak namun ini juga untuk kebutuhan masyarakat agar tidak membahayakan," jelasnya.

Selain itu, lanjut Kasat, pengecekan dan penertiban ini dilakukan sesuai dengan pertimbangan dan intruksi langsung dari Polda Aceh dibawah kepemimpinan Kapolda, Irjen Pol Wahyu Widada.

Penulis:Hafiz
Rubrik:HukumKesehatan

Komentar

Loading...