Peringatan HUT TNI AU ke 74 di Lanud SIM Dilaksanakan Sederhana, Ini Penyampaian Kasau

Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hendro Arief saat membacakan amanat Kasau, Marsekal TNI Yuyu Sutisna

Banda Aceh, Acehportal.com - Puncak peringatan HUT TNI Angkatan Udara ke 74 Tahun 2020 dilaksanakan secara sangat sederhana di Gor Praka Sutrisno Lanud SIM yang di hadiri 50 prajurit sebagai perwakilan dari personel Lanud SIM dan Kompi Senapan C Yonko 469 Paskhas, Kamis (9/4/2020).

Sesuai amanat Kepala Staf Angkatan Udara (Kasau), Marsekal TNI Yuyu Sutisna yang dibacakan Danlanud SIM, Kolonel Pnb Hendro Arief, diketahui bersama saat ini rakyat Indonesia sedang berjuang mengatasi pandemi Covid-19 yang menyebar diberbagai wilayah tanah air.

"Denyut nadi pembangunan seakan berhenti, rakyat pun hidup dalam rasa cemas. Karenanya, upacara HUT TNI Angkatan Udara diselenggarakan dengan cara yang paling sederhana," ujar Danlanud.

Upacara sederhana ini sendiri dilaksanakan dengan mengusung tema "Kobarkan Semangat Swa Bhuwana Paksa untuk Membangun Indonesia Maju dan TNI Angkatan Udara Unggul".

Sebagai pribadi dan atas nama keluarga besar Angkatan Udara, lanjut Danlanud membacakan amanat Kasau, saya haturkan rasa duka terdalam kepada keluarga besar TNI AU juga seluruh rakyat Indonesia yang ikut terdampak atau menjadi korban pandemi Covid-19.

"Saya yakin, Tuhan akan segera mengembalikan senyum dan kebahagiaan bangsa Indonesia. Saya pun ingin meneguhkan, TNI AU akan terus berjuang di garis depan dan mendarmabaktikan seluruh 5 sumber daya untuk membantu rakyat," ungkapnya.

Sampai saat ini, perjalanan sejarah TNI AU telah membentang sepanjang 74 tahun. Keping-keping epik kepahlawanan di dalamnya bukanlah narasi bohong atau kisah fiksi sia-sia.

"Sejatinya, TNI AU telah berulang kali menaklukkan badai, menggulung ombak, dalam rangka mengibarkan panji-panji kebesaran negara, berbanggalah dan busungkanlah dada kalian. Kita memiliki banyak cerita besar dan pejuang hebat di masa lalu, maka sudah sepantasnya kita mengenang dan menghormatinya pada hari ini," jelas Kasau.

Usai pelaksanaan upacara peringatan HUT TNI AU ke 74, Danlanud SIM juga menyampaikan ucapan selamat kepada 18 personel Lanud yang mendapat kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi pada 1 April ini.

"Kenaikan pangkat ini merupakan penghargaan dari negara yang harus di pertanggung jawabkan," tegas Danlanud.

Dirinya juga memerintahkan Kakes Lanud SIM, Letda Kes dr. Natanael Nababan untuk berkoordinasi ke PMI Aceh agar personel Lanud SIM melaksanakan donor darah karena diketahui stok darah di PMI Aceh saat ini lagi kosong.

Kemudian, untuk kegiatan menyambung tali asih kepada purnawirawan TNI AU yang berdomisili di Aceh tetap dilaksanakan dengan mengantarkan berupa sembako ke rumah masing-masing.

"Ini merupakan rangkaian kegiatan HUT TNI AU ke 74 yang belum terlaksana karena negara kita sedang menghadapi pandemic virus Corona," pungkasnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...