TNI Siap Donorkan Darah Bantu Ketersedian PMI Agara

Kutacane - Dalam rangka membantu ketersedian darah PMI akibat Pandemi Covid-19 di R.S, H. Sahudin, TNI khususnya Kodim 0108/Agara dan Kompi Senapan-A jajaran Yonif RK 114/SM sumbangkan 31 kantong darah kepada tim medis PMI RSU. Sahudin Kutacane di Aula Yudha Makodim 0108/Agara Kec. Babussalam Kab. Aceh Tenggara. Jum'at (03/04/2020).

Kegiatan donor darah ini dilakukan PMI secara serentak seluruh Indonesia khususnya di wilayah Kab. Agara bekerjasama dengan RSU. Sahudin Kutacane bersama instansi TNI.

Saat dikonfirmasi Kepala Unit transfusi darah RSU. Sahudin dr. Yetti Ferulina Akbar M.ked (clin-path) Sp.PK Kutacane mengatakan, dengan adanya wabah Pandemi Covid-19, pendonor darah sukarela sampai saat ini berkurang sampai 50%, karena kemungkinan masyarakat ada rasa takut mendengar RSU Sahudin Kutacane kan tempat pelayanan Covid-19 dan juga masyarakat dibatasi kontak dengan rumah sakit, nah itu mungkin masyarakat merasa takut untuk mendonorkan darahnya,” ujarnya.

Sambungnya, donor darah dilakukan tidak melaui event-event besar, kalaupun kita buat dengan jarak antara satu sama yang lain. Kemudian setelah melakukan donor harus mencuci tangan dan petugas medis mengambil sempel menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap.

“Kami mengharapkan kepada seluruh masyarakat apabila ingin mendonorkan darah sukarela, RSU. Sahudin Kutacane selalu terbuka siap 1x24 jam apa saja yang anda ingin lakukan jadi pendonor yang pertama anda dalam kondisi sehat, tidak berpulangan dari luar kota, anda boleh datang ke RSU Sahudin Kutacane secara pribadi sendiri-sendiri ke unit transfusi unit RSU. Sahudin Kutacane nanti akan kami berikan sanitizer, periksa kesehatan bila anda sehatakan kami ambil sempel setelah selesai anda bisa kembali ke rumah ganti baju dan mandi ", tandasnya dr. Yetti Ferulina Akbar M.ked (clin-path)Sp.PK.

Komentar

Loading...