Narkoba di Banda Aceh dan Galus

Dua Pengedar Sabu Ditangkap di Meuraxa Banda Aceh

Tersangka MI yang diamankan personel Sat Resnarkoba Polresta Banda Aceh (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Sat Resnarkoba Polresta Banda Aceh menangkap dua pengedar sabu di kawasan Gampong Punge Jurong, Kecamatan Meuraxa, Banda Aceh, Rabu (1/4/2020) siang kemarin.

Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto melalui Kasat Resnarkoba, Kompol Boby Putra Ramadan Sebayang mengatakan, penangkapan kedua pengedar barang haram ini dilakukan berdasarkan informasi dari masyarakat gampong setempat.

"Penangkapan awalnya dilakukan saat salah satu pelaku sedang berada di pinggir jalan tepatnya di samping rumah yang telah menjadi target petugas," ujarnya Kamis (2/4/2020).

Kasat menjelaskan, pelaku yang ditangkap pertama kali adalah HM (36). Dimana, petugas menemukan paket sabu yang digenggam seberat 0,18 gram serta handphone dan motor yang digunakan pelaku untuk melancarkan aksinya.

Setelah dilakukan pengembangan, lanjit mantan Kasat Reskrim Polres Nagan Raya ini, polisi kembali menangkap MI (36). Dimana, MI adalah orang yg menjual sabu kepada HM pada Senin (30/3/2020) lalu.

"Tersangka MI ditangkap dengan barang bukti paket sabu seberat 5,56 gram yang diletakkan di rumput yang ada di dekat kandang ayam miliknya. Kemudian disita dua handphone, sejumlah uang, timbangan digital dan lainnya," jelasnya.

Kepada petugas, MI mengaku mendapatkan barang haram ini dari tersangka MIS pada Rabu (16/3/2020) lalu di kawasan Kecamatan Delima, Pidie. Ia membeli paket sabu itu seharga Rp 3 juta.

"Saat ini MIS masih DPO, pelaku yang ditangkap dijerat Pasal 112 Jo Pasal 114 Ayat 2 UU Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman paling lama 20 tahun penjara," tambahnya.

*Geledah Rumah Petani di Galus, Polisi Amankan 10 Paket Sabu dan Sebungkus Ganja

Sementara itu, Sat Resnarkoba Polres Gayo Lues mengamankan 10 paket sabu beserta sebungkus ganja kering saat melakukan penggeledahan di rumah seorang petani di Gampong Kerukunan Kutapanjang, Kecamatan Kutapanjang, Gayo Lues, Rabu (1/4/2020) tadi malam.

"Tersangka yang diamankan yakni AR (32), Petani, warga setempat," ujar Kapolres Galus, AKBP Rudi Setiawan melalui Kasat Resnarkoba, AKP Syamsuir secara terpisah.

Dalam penggeledahan itu, polisi mengamankan 10 paket sabu seberat 2,03 gram serta sebungkus ganja kering seberat 38,54 gram. Selain itu, polisi juga mengamankan handphone, timbangan digital serta barang bukti lainnya.

"Penangkapan ini dilakukan atas informasi masyarakat bahwa rumah itu kerap menjadi tempat transaksi sabu, tersangka masih diamankan untuk diproses lanjut," jelas Kasat.

Syamsuir menambahkan, meski dalam situasi wabah Corona (Covid 19), pihaknya yakin masih dapat memberantas narkoba khususnya di kawasan Tanah Gayo tersebut.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...