Cegah Corona, 1.362 Napi di Aceh Dibebaskan, 7 Diantaranya Anak

Lapas Lambaro rusuh

Banda Aceh, Acehportal.com - Sebanyak 1.362 narapidana dan anak di Lembaga Pemasyarakatan, Rumah Tahanan Negara dan Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) di Aceh akan dibebaskan, terkait pencegahan penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Seribuan napi itu akan dibebaskan secara bertahap sesuai dengan Surat Keputusan Menteri Hukum dan HAM Tentang Pengeluaran dan Pembebasan Melalui Asimilasi dan Integritas dalam Rangka Mencegah dan Penanggulangan Penyebaran Covid 19.

Kadivpas Kemenkumham Aceh, Meurah Budiman dikonfirmasi menyebutkan, mereka akan dikeluarkan secara bertahap dengan sejumlah catatan, di antaranya sehat, berkelakuan baik dan telah melewati 2/3 masa tahanan.

"1.362 itu tersebar di seluruh Aceh. Dari jumlah itu, tujuh diantaranya adalah anak-anak," kata Meurah Budiman saat dikonfirmasi.

Hingga Rabu siang, kata dia, sudah ada tiga narapidana yang dibebaskan lebih cepat. "Ketiganya merupakan anak-anak. Mereka dijemput oleh orang tuanya dari LPKA Banda Aceh," kata Meurah.

Terkait dengan mekanisme pembebasan para napi itu, kata dia, pihaknya telah menyerahkan pelaksanaannya kepada masing-masing lapas.

Karena, pihak lapas harus menyelesaikan administrasi dan surat pernyataan para napi. "Mulai hari ini dan sebelum tanggal 7 April 2020 sudah harus selesai semua," katanya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...