Illiza: Darurat Sipil Bukan Solusi untuk Mengatasi Wabah Corona

Illiza Saaduddin Djamal saat wawancara khusus (Aceh Tribun)

Banda Aceh, Acehportal.com - Anggota DPR RI asal Aceh, Illiza Saadudin Djamal menilai, rencana pemerintah untuk meberlakukan darurat sipil dalam menghadapi wabah Corona adalah sesuatu yang tidak tepat.

Menurutnya, lemerintah harus mengkaji secara mendalam efek yang ditimbulkan oleh pembelakuan darurat sipil dimaksud.

"Wacana Pemberlalukan Darurat Sipil oleh pemerintah lebih kepada pendekatan kekuasaan semata dan tidak akan menyelesaikan masalah, presiden diminta untuk mengkaji ulang wacana tersebut," ujarnya dalam rilis Selasa (31/3/2020).

Sebagai anggota DPR RI yanh mewakili Aceh, dirinya mengaku mendapat banyak masukan dan aspirasi dari berbagai kalangan dan elemen masyarakat yang menolak pemberlakuan darurat sipil.

Illiza pun mengharapkan kepada pemerintah untuk memaksimalkan seluruh struktur pemerintahan yang ada dengan mengacu pada UU Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana dan UU Nomor 6 Tahun 2018 tentang Karantina Kesehatan.

"Dan ini harus dilakukan secara optimal dalam uapaya menghadapi wabah Covid 19 ini," kata mantan Wali Kota Banda Aceh ini.

"Saya kaget ketika mendengar wacana  Presiden Jokowi yang ingin memberlakukan darurat sipil. Menurut  saya ini sesuatu yang tidak tepat dan akan berisiko tinggi dan dalam implementasinya memungkinkan ini akan terjadinya pelanggaran HAM," jelasnya.

Presiden, lanjut Illiza, harusnya melakukan evaluasi terhadap satuan tugas yang telah dibentuk dalam menghadapi wabah Covid 19.

"Apalagi, bila merujuk surat edaran Mendagri yang meminta gubernur, bupati dan wali kota menjadi ketua gugus tugas COVID-19 dan ini harus benar-benar terkoirdinasi dengan baik," kata dia.

Terkait pemberlakuan karantina wilayah atau lockdown terbatas dengan membatasi pergerakan warga dan moda transportasi umum, Illiza meminta  kebijakan ini harus dievaluasi secara reguler.

"Masyarakat juga mesti dilibatkan sebagai relawan, tentu pelibatan itu harus dilakukan selektif dan diatur dengan ketat agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan," tegas wanita yang menjabat sebagai Sekretaris FORBES DPR/DPD Aceh ini.

Illiza sekali lagi berharap kepada pamerintah dalam hal ini Presiden Jokowi untuk tidak berpikir tentang pemberlakukaan darurat sipil dalam menghadapi wabah Covid 19.

Bahkan sebaliknya, pemerintah mesti menjalankan regulasi yang ada, disamping juga terus memberikan harapan-harapan positif bagi rakyat agar tidak larut dalam ketakutan.

"Kondisi saat ini rakyat memerlukan spirit dan motivasi disamping terus mengedukasi agar tidak keluar rumah, berkumpul dalam keramain dan melakukan kegitan sesuai dengan ptotokol kesehatan pemerintah," tutupnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...