Cegah Penyebaran Virus Corona

Satgas Aman Nusa II Polda Aceh Semprotkan Disinfektan di Tempat Umum di Banda Aceh

Kendaraan taktis (Rantis) milik Dit Sabhara Polda Aceh yang dikerahkan untuk melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum, Jumat (27/3/2020).

Banda Aceh, Acehportal.com - Dalam upaya pencegahan penyebaran virus Corona (Covid 19), personel gabungan Polda Aceh yang tergabung dalam Satgas Aman Nusa II kembali melakukan penyemprotan disinfektan di tempat umum di kota Banda Aceh, Jumat (27/3/2020).

Untuk diketahui, Satgas Aman Nusa II merupakan Satgas yang tergabung dari beberapa satuan yakni Dit Sabhara, Sat Brimob, Dit Binmas, Dit Pam Obvit, Dit Lantas, Bid Dokkes, Bid Humas dan Bid Propam Polda Aceh.

Penyemprotan disinfektan ini dilakukan dengan mengerahkan empat unit kendaraan taktis (Rantis) Water Canon milik Dit Samapta dan Sat Brimob Polda Aceh. Penyemprotan dilakukan di sejumlah lokasi di kota Banda Aceh.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada melalui Dir Sabhara, Kombes Pol Misbahul Munauwar mengatakan, penyemprotan kali ini dilakukan di wilayah strategis yang diperkirakan berpotensi menjadi tempat penularan virus.

Tiga unit Rantis Water Canon milik Dit Sabhara menyemprotkan desinfektan di wilayah Kuta Alam dan Lamteumen, sementara satu unit Rantis Water Canon lainnya milik Sat Brimob menyemprotkan desinfektan di wilayah Peunayong karena merupakan wilayah yang aktif.

"Selain penyemprotan, kita tetap berikan imbauan ke masyarakat agar lebih waspada terhadap penyebaran virus ini. Penyemprotan juga akan dilakukan di wilayah lain yang diduga berpotensi menjadi tempat penularan," katanya.

Mantan Kabid Humas Polda Aceh ini menjelaskan, peran bersama sangat dibutuhkan dalam menghadapi wabah Corona. Pasalnya, pencegahan penyebaran virus bukan hanya tugas pemerintah, tetapi tugas semua pihak, khususnya di Aceh.

"Mari berama-sama kita melawan virus Corona ini," tegas Kombes Pol Misbahul Munauwar selaku Dansatgas Aman Nusa II yang memimpin kegiatan ini, didampingi Dansat Brimob, Kombes Pol Suheru dan Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto.

Sementara, Dansat Brimob, Kombes Pol Suheru mengatakan, peran masyarakat dalam menghadapi wabah ini sangat sederhana yakni dengan mengikuti anjuran dan kebijakan dari pemerintah, misalnya cukup berada di rumah.

"Sehingga tidak terjadi media penghantar virus ke orang lain atau bahkan untuk menghindari terjangkitnya virus ini," kata Dansat Brimob.

Dirinya juga meminta masyarakat agar menghindari keramaian, menerapkan pola hidup sehat serta mendukung pemerintah dalam berjuang menghadapi wabah ini, khususnya tim medis yang berusaha menyembuhkan pasien yang diduga terjangkit Corona.

"Peran lainnya dapat dilakukan dengan sesuai keahlian dan kemampuannya seperti membantu masyarakat memberikan sumbangan alat kesehatan untuk menghindari penyebaran virus," ungkapnya.

Selain Polda Aceh, Polresta Banda Aceh juga ikut ambil bagian dalam penyemprotan disinfektan di tempat umum lainnya di kota Banda Aceh dengan mengerahkan satu unit Rantis Water Canon-nya.

"Rantis Water Canon milik Polresta Banda Aceh melakukan penyemprotan disinfektan di seputaran Pocut Baren, Tugu Simpang Lima, depan Mesjid Raya Baiturrahman Banda Aceh dan kawasan Pasar Aceh," jelas Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto.

Penyemprotan disinfektan ini juga dilakukan di wilayah lain yang ada di Aceh. Karena, ini merupakan instruksi dari Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada yang menyatakan Polda Aceh ikut membantu pemerintah dalam penanganan wabah.

Seperti di Aceh Utara misalnya, Rantis Water Canon milik Sat Sabhara Polres Aceh Utara juga menyemprotkan cairan desinfektan yang banyaknya mencapai 65 ribu liter di wilayah kota dan sekitar.

Kapolres Aceh Utara, AKBP Tri Hadiyanto melalui Kasubbag Humas, Iptu Sudiya Karya mengatakan, penyemprotan desinfektan hari ini melibatkan 86 personel gabungan dengan muspika setempat.

"Polres Aceh Utara membantu muspika setempat untuk mengantisipasi penyebaran virus Covid-19. Kita masih terus mengimbau masyarakat agar patuh terhadap kebijakan pemerintah dalam penanganan penyebaran virus ini," ungkapnya.

"Diharapkan masyarakat tidak mengadakan kegiatan keramaian, tetap tenang dan tidak panik serta lebih tingkatkan kewaspadaan di lingkungan masing-masing dengan selalu mengikuti informasi dan imbauan resmi yang dikeluarkan pemerintah," tuturnya.

*Pintu Biosecurity Sterilization Corona Virus Polda Aceh

Upaya lain yang dilakukan Polda Aceh dalam mencegah penyebaran virus Corona di lingkungannya adalah dengan menyediakan alat pengecek suhu tubuh khusus di pintu masuk Lobi Utama Mapolda Aceh sejak kemarin.

Setiap hari, para personel Polda Aceh khususnya para pejabat utama masuk melalui pintu khusus yang dinamakan pintu Biosecurity Sterilization Corona Virus atau anti virus Covid-19 yang telah disediakan di depan lobi.

"Semua yang dilakukan adalah untuk mengantisipasi penyebaran virus Corona. Pagi hari personel Polda Aceh juga berjemur di matahari yang sangat baik untuk mencegah virus," kata Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono.

Dibawah kepemimpinan Irjen Pol Wahyu Widada, Polda Aceh dan jajaran terus melakukan berbagai upaya dalam mewujudkan keselamatan dan kesehatan masyarakat, termasuk untuk personel Polri di Aceh dari penyebaran virus Covid-19.

"Polda Aceh dan jajaran juga telah melakukan kegiatan penyemprotan disinfektan di tempat publik dan menyampaikan imbauan persuasif termasuk Maklumat Kapolri ke masyarakat, baik melalui media massa, media sosial dan turun langsung ke lapangan terkait antisipasi penyebaran Corona," bebernya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:KesehatanUmum

Komentar

Loading...