Gudang Penyimpanan Kayu dan Padang Ilalang Terbakar di Aceh Besar

Petugas damkar memadamkan api di lokasi kebakaran gudang kayu di Lhoknga, Aceh Besar (Ist)

Jantho, Acehportal.com - Sebuah gudang penyimpanan kayu yang berada di kawasan Gampong Lam Ateuk, Kecamatan Lhoknga, Aceh Besar terbakar hebat, Selasa (24/3/2020) tadi malam.

Kalaksa BPBD Aceh Besar, Farhan AP melalui etugas pusdalops, Maswani mengatakan, gudang yang terbakar milik Zaini Daud (65). Gudang itu berkontruksi kayu sehingga mengalami rusak berat saat terbakar.

"Petugas menerima informasi adanya kebakaran gudang kayu yang dekat dengan rumah pemiliknya, sehingga kita hubungi Pos Damkar Peukan Bada untuk penanganan," ujarnya.

Satu unit armada pemadam kebakaran pun langsung dikerahkan ke lokasi kejadian. Kontruksi bangunan kayu membuat api dengan cepat menghabiskan bangunan tersebut.

"Sebelum petugas pemadam tiba di lokasi kejadian, masyarakat sekitar juga sudah melakukan upaya pemadaman dengan cara gotong royong (manual), namun kobaran api yang besar menyulitkan warga melakukan pemadaman," jelasnya.

Sekitar satu jam kemudian, api pun dapat dipadamkan. Pemadaman juga turut dibantu personel TNI/Polri setempat beserta masyarakat.

"Api sudah dapat dipadamkan, penyebap kejadian belum diketahui pasti namun sudah dalam penanganan pihak yang berwajib," tambah dia.

*Kebakaran Lahan Ilalang

Sementara itu di lokasi terpisah, kebakaran lahan berupa padang ilalang juga terjadi di kawasan Gampong Suka Damai (Palapa), Kecamatan Lembah Seulawah, Aceh Besar.

Diperkirakan, lahan yang terbakar seluas kurang lebih dua hektar dan belum diketahui penyebab kebakaran padang ilalang itu sendiri.

"Petugas menerima laporan dari Polsek Lembah Seulawah, langsung ke lokasi untuk memadamkan api," kata Maswani.

Menurut keterangan petugas di lokasi kejadian, petugas begitu sangat kewalahan melakukan pemadaman dikarenakan banyak terdapat titik api yang begitu cepat menyebar dengan kondisi lahan yang kering.

Sehingga, setelah koordinasi dengan Pihak TNI/Polri maka penanganan kebakaran itu dilakukan dengan cara menyambung selang sepanjang kurang lebih 100 meter dan melakukan pemadaman secara manual untuk memotong akses titik api.

"Untuk luas lahan yang terbakar di perkirakan seluas dua hektar, penyebap kejadian sudah dalam penanganan pihak yang berwajib," kata lagi.

"Untuk pemadaman satu unit damkar dikerahkan ke lokasi kejadian dengan melibatkan personel gabungan berjumlah 30 orang," jelasnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Peristiwa

Komentar

Loading...