Kunjungi Pusat Informasi Corona, Ini Kata Dir Lantas Polda Aceh

Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani bersama Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif saat kunjungan Pusat Informasi Corona, Senin (23/2/2020) (Hafiz)

Banda Aceh, Acehportal.com - Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani beserta jajarannya mengunjungi Pusat Informasi Corona yang berada di Jalan Kakap, kawasan Rumah Sakit Umum Daerah Zainoel Abidin (RSUDZA) Banda Aceh, Senin (23/3/2020).

Dalam kunjungan itu, Dir Lantas berbincang bersama Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif dan sejumlah jajaran petugas kesehatan lainnya yang menempati pusat informasi itu terkait perkembangan Covid 19.

Saat dikunjungi, petugas kesehatan setempat menampilkan data tentang jumlah orang yang kini dalam pemantauan pihak medis terkait penyebaran virus Corona di Aceh.

Dari data yang terlihat, kini ada ratusan orang yang masih dalam pemantauan meski belum ada satu pun masyarakat yang terindikasi positif mengidap virus mematikan yang berasal dari Whuhan, Cina tersebut.

"Selama ini kita pantau terus, masyarakat juga selalu diimbau untuk mengikuti kebijakan pemerintah yang telah dikeluarkan," kata Hanif kepada Dir Lantas.

Dalam perbincangannya, Dicky juga menyampaikan bahwa yang perlu diwaspadai terkait penyebaran virus ini adalah daerah tetangga, termasuk negara tetangga yang dekat dengan Aceh, khususnya kawasan perbatasan.

Mereka juga berbincang serta bertukar pikiran tentang hal apa yang harus dilakukan saat ini hingga kedepan untuk menghadapi penyebaran virus Corona. Berbagai masukan baik pun nantinya akan disampaikan kepada pimpinan di Aceh.

Di akhir perbincangan, Dir Lantas pun menegaskan, meski saat ini tengah merebak penyebaran virus, pelayanan Polri, khususnya kepolisian lalu lintas untuk masyarakat tetap berjalan.

"Masyarakat yang ingin perpanjang SIM, termasuk urusan pajak dan yang lainnya tetap dilayani. Bahkan dalam situasi darurat ini, masyarakat yang telat perpanjang SIM akan tetap dihitung perpanjangan, tidak buat baru. Untuk kegiatan razia dan lainnya tetap normal berjalan," jelas Dicky.

Dir Lantas mengungkapkan, kunjungan ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan virus Corona di Aceh.

Selain itu, pihaknya juga ingin bertukar pikir serta menerima saran dari petugas kesehatan tentang apa saja yang harus dilakukan kepolisian dalam bertindak mencegah penyebaran virus.

Ia juga menekankan, di setiap kawasan perbatasan Aceh akan dilakukan pemeriksaan terhadap masyarakat yang masuk atau pun keluar Aceh. Hal ini guna mencegah dan menghindari adanya virus yang masuk atau keluar.

"Perbatasan diperiksa siapa saja yang masuk atau keluar, tentu dibantu dengan rekan-rekan dari dinas kesehatan, Satpol PP dan lainnya. Saat ini mungkin memang belum ada di Aceh, kita khawatir orang bawa dari luar," ungkapnya.

Selain itu, lanjut Dicky, kepolisian juga akan terus meningkatkan sinergitas dengan instansi lainnya, khususnya dalam menghadapi pencegahan penyebaran virus Corona ini.

"Kapan pun Polri siap membantu," tegas Kombes Pol Dicky Sondani.

Sebelumnya pamit, Dir Lantas Polda Aceh juga memberikan sedikit bingkisan kepada tim dan petugas kesehatan yang terus berada di Pusat Informasi Corona tersebut.

"Ini tidak seberapa, hanya sedikit untuk membantu teman-teman kita yang terus disini memantau perkembangan soal Corona," kata Dir Lantas.

"Terima kasih banyak Pak Dir Lantas atas kunjungan dan masukan yang diberikan, akan kita sampaikan ke pimpinan daerah di dalam rapat nanti," tutup Kepala Dinas Kesehatan Aceh, Hanif.

Penulis:Hafiz
Rubrik:KesehatanUmum

Komentar

Loading...