Begini Cara Santri Dayah Istiqamatul Khairat Cegah Wabah Corona

Seratusan Santri Dayah Istiqamatul Khairat gelar zikir di sepanjang Jalan Nasional Medan-Banda Aceh, Gampong Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya, Jumat (20/3/2020) malam. (Dani)

Sukamakmue, Acehportal.com Berbagai usaha untuk mengantisipasi menyebarnya virus Corona (Covid-19) di Aceh, maka doa dibutuhkan untuk memohon kepada Allah agar dijauhkan Wabah tersebut dari Aceh dan Indonesia.

Didasari alasan itu, seratusan santri dari Dayah Istiqamatul Khairat, Gampong Suak Puntong, Kecamatan Kuala Pesisir, Nagan Raya melakukan zikir bersama dengan cara berjalan di sepanjang jalan nasional Medan-Banda Aceh, Jumat (20/3/2020) malam.

Zikir bersama inj dimulai pukul 21.00 WIB. Para santri juga dikawal ketat oleh personel Polsek setempat hingga zikir berakhir pukul 23.00 WIB setelah melewati beberapa dusun gampong setempat.

Untuk penerangan, mereka menggunakan obor yang terbuat dari bambu. Hal tersebut digunakan untuk keselamatan santri yang menghindar dari kecelakaan lalu lintas.

"Insyaallah dengan berkat doa kita bersama dan zikir bersama hingga keliling gampong, membacakan Wakulja Alhakqu Azhakal batil Innabatilaka Nazahuka, Insyaallah gampong kita Suak Puntong, Nagan raya intinya terhindar dari pada wabah penyakit yang menerta masyarakat pada umumnya,"kata pimpinan Dayah Istiqamatul Khairat, Tengku Muhammad Alwi.

Dikatakannya, sebelumnya kegiatan yang sama yang kita lakukan berzikir bersama atau menolak bala juga pernah dilakukan oleh ulama-ulama terdahulu dan pada umumnya orang Aceh sudah biasa dengan hal tersebut.

"Maka, tradisi ini sudah awal dikerjakan oleh ulama terdahulu dan juga orang tua kita dahulu," ucapnya.

Dirinya juga mengimbau terkait dengan wabah tersebut khususnya masyarakat gampong setempat dan sekitarnya untuk tidak terlalu takut tetapi harus waspada.

"Caranya bertawakal kepada Allah dan berzikir serta melakukan hal-hal yang bersih dari sesuatu yang kotor, Insyaallah, Allah akan mejauhkan kita dari segala bahaya dan juga dari wabah-wabah penyakit tersebut," kata Tengku Muhammad Alwi.

Penulis:Dani
Editor:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...