DPRA Minta Pemerintah Aceh Segera Bentuk Satgas Medis Penanganan Virus Corona di Aceh

foto dalam berita

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Aceh mendesak Pemerintah Aceh dalam hal ini Plt Gubernur Aceh untuk segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) tim medis khusus untuk penanganan virus Corona.

“Satgas tersebut merupakan dokter dan perawat khusus yang menangani pasien yang terpapar virus corona, mereka harus ada disetiap level Kecamatan kabupaten/kota,” ujar Ketua DPRA Dahlan Jamaluddin didampingi Wakil Ketua Safaruddin dan para pimpinan komisi dan Fraksi di DPRA saat gelar konfrensi pers, di gedung Media Center DPRA, Kamis 19/3).

Ketua DPRA Dahlah menjelaskan, pihaknya telah melakukan sidak ke RSUZA dan Gudang Bulog Aceh di wilayah Aceh Besar untuk antisipasi kesiapan Aceh dalam menghadapi virus Corona.

Disaat mengunjungi RSUZA, pihaknya masih menemukan sejumlah kekurangan untuk penanganan pasien virus corona, seperti ruangan isolasi yang terbatas dan perlengkapan alat medis yang belum cukup memadai.

“Bila semua pasien dari daerah semua dirujuk ke RSUZA maka kemungkinan besar tidak dapat tertampung semua, sehingga kita desak Pemerintah Aceh untuk segera membentuk Satgas medis yang ditempatkan di masing-masing kabupaten/kota untuk penanganan awal pasien yang diduga terpapar virus corona atau hanya penyakit flu dan demam biasa,” terang Dahlan.

Lanjut Dahlan, guna Satgas itu nantinya disetiap daerah ada seorang dokter yang bisa mendiagnosa pasien apakah harus diisolasi dan dirujuk, karena pasien Suspeck (Diduga terkena virus) atau masuk dalam Orang Dalam pemantauan (ODP) atau PDP (Pasien Dalam Pengawasan). Sehingga tidak perlu semua pasien dirujuk ke RSUZA dan Cut Mutia.

“Pemerintah Kabupaten/kota juga harus segera menyiapkan ruang isolasi di RSU masing-masing untuk mengantisipasi meningkatnya pasien terpapar virus tersebut. Kita harus siap disegala situasi, mudah mudahan virus corona tidak mewabah sampai di Aceh,” harap Dahlan. (***)

Penulis:Redaksi
Rubrik:DPRA

Komentar

Loading...