Virus Corona Mewabah, Satgas TMMD Kodim 0104/Atim Gelar Sosialisasi Kesehatan

Aceh Timur, acehportal.com - Dandim 0104/Aceh Timur Letkol Czi Hasanul Arifin Siregar, S.Sos, M.Tr (Han) selaku Dansatgas melalui Koordinator Lapangan Kapten Inf Agung B.S mengharapkan agar masyarakat tetap tenang dan tidak panik dalam menghadapi ancaman virus Corona.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka acara sosialisasi kesehatan kepada masyarakat Dusun Leupon, Gampong Buket Kuta, Kecamatan Peudawa, Kabupaten Aceh Timur, Kamis (19-03-2020).

"Kami berharap setelah acara ini, para peserta sosialisasi yang hadir bisa menginformasikan dan mengedukasi masyarakat yang tidak dapat hadir mengenai virus tersebut dan cara Pencegahan nya," pesannya.

Ia menyebutkan, untuk mengantisipasi penularan virus tersebut, bisa dimulai dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat (PHBS). Diantaranya, rajin mencuci tangan dengan benar, yaitu dengan menggunakan sabun dan air mengalir.

Sementara Ketua Tim Sosialisasi dari Puskesmas Peudawa Khairul Anwar, Skm mengatakan, bahwa Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) meresmikan nama baru untuk virus corona, dari nCoV-2019 menjadi Covid-19.

"Sejauh ini di Provinsi Aceh belum ada yang terkonfirmasi positif Covid-19" ujarnya.

Dirinya menghimbau masyarakat  agar tidak cemas akan penyebaran virus corona di Provinsi Aceh, khususnya Kabupaten Aceh Timur. Masyarakat pun diharapkan sepenuhnya mempercayakan pencegahan dan penanganan penyebaran virus ini kepada petugas kesehatan.

Menjawab keresahan masyarakat tersebut, dia menyebut, perlu adanya pencegahan yang serius. Salah satunya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat, terkait pencegahan dan penanganan jika ada yang terjangkit virus tersebut.

"Kami memberikan edukasi dan penyuluhan kepada masyarakat  dengan selalu menekankan pentingnya mencuci tangan saat atau setelah bepergian dan juga ketika akan makan, "jelasnya.

Selain itu Anwar juga mengucapkan banyak terima kasih kepada TNI khususnya Kodim 0104/Atim, berkat adanya TMMD ke-107 ini, kami dari tim Kesehatan Kecamatan Peudawa bisa sampai di Dusun Leupon, Gampong Buket Kuta ini. Dimana Dusun ini termasuk Dusun yang terisolir awalnya. Akan tetapi setelah Satgas TMMD membangunkan jalan yang dapat kami lalui, kami dapat sampai disini untuk mensosialisasikan kesehatan sampai ke Dusun ini.

Komentar

Loading...