Nekat Mencuri Berulang Kali, 3 Pria Ini ‘Nginap’ di Polres Aceh Barat

Wakapolres Aceh Barat, Kompol Zainuddin didampingi Kapolsek Kaway XVI, Ipda Yudha Prasatya dalam konferensi pers Rabu (18/3/2020) (Dani)

Meulaboh, Acehportal.com Kepolisian Resor (Polres) Aceh Barat menangkap tiga tersangka atas dugaan kasus pencurian dengan pemberatan dan perbuatan sejenisnya berulang kali, Kamis (10/10/2020) lalu di sebuah rumah kayu di Gampong Padang Sikabu, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Ketiga tersangka berinisial SI (20), BN (24) dan MW (33) yang tercatat sebagai warga Aceh Barat. Kini ketiganya tersangka ditahan di Mapolres Aceh Barat.

Wakapolres Aceh Barat, Kompol Zainuddin didampingi Kapolsek Kaway XVI, Ipda Yudha Prasatya dalam konferensi pers Rabu (18/3/2020) mengatakan, penangkapan tiga tersangka pencurian ini dilakukan setelah pihaknya mendapatkan informasi dari warga setempat.

"Kemudian anggota Unit Reskrim Kaway XVI langsung melakukan upaya penangkapan terhadap pelaku SI, setelah dilakukan pengembangan pada Kamis 12 Maret 2020 pelaku kedua BN di tangkap di area kebun sawit Kaway XVI," ujar Zainuddin.

Hasil pengembangan dari pelaku kedua pada Jumat 13 Maret 2020, tim Unit Reskrim Polsek Kaway XVI lalu mengamankan tersangka yang ketiga yakni MW di wilayah Aceh Barat.

Selain itu, kata Waka polres, ketiga pelaku juga melakukan pencurian yang berulang pada Kamis 26 September 2019 dan 25 Januari 2020 lalu.

Pelaku melancarkan aksinya di dua tempat di sebuah rumah toko Gampong Padang Sikabu, Kecamatan Kaway XVI, Aceh Barat.

Peran tersangka SI dalam kasus pencurian ini adalah sebagai otak pelaku dan orang yang merusak jendela dan pintu serta berperan sebagai mengambil barang didalam rumah korban.

"Sementara pelaku BN, berperan sebagai orang yang menjaga situasi pada saat melakukan pencurian, juga orang yang menjual emas hasil pencurian, pelaku MW selaku orang yang ikut masuk ke dalam rumah dan memantau situasi serta yang membagi uang dan barang hasil kejahatan kepada tersangka yang telah tersebut," tambah Zainuddin.

Dalam kasus ini, polisi mengamankan barang bukti berupa sebuah gelang emas seberat dua mayam, bon pembelian emas, satu unit handphone redmi 5A warna Gray serta tujuh kaos oblong dan celana jeans panjang yang digunakan pada saat melakukan aksi pencurian.

Dari tindakan yang dilakukan ketiga tersangka pencurian ini, korban pun mengalami kerugian yang mencapai sebesar Rp 50 juta.

"Atas perbuatanya, pelaku dipersangkakan tindak pidana pencurian dengan pemberatan dan perbuatan pidana sejenis berulang, Pasal 363 Ayat 2 Jo Pasal 65 dari KUHPidana dengan ancaman hukuman 9 tahun penjara," tambahnya.

Penulis:Dani
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...