Luas Hutan dan Lahan yang Terbakar di Aceh Mencapai 139 Hektar

Banda Aceh, Acehportal.com - Jumlah luas hutan dan lahan yang terbakar di Aceh selama ini mencapai 139 hektar yang tersebar di sejumlah kabupaten di Aceh.

Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBA, M Syahril mengatakan, dari jumlah itu, karhutla di Kecamatan Teunom, Aceh Jaya merupakan gang terbesar hingga mencapai 30 hektar.

Menurut informasi yang diperoleh, karhutla yang terjadi di Aceh Jaya belum padam secara keseluruhan karena yang terbakar adalah lahan gambut.

"Paling luas di Aceh Jaya sebanyak 38 hektar, belum pada karena lahan yang terbakar lahan gambut," ujarnya saat dikonfirmasi Kamis (12/3/2020).

Selain itu, daerah lainnya yang juga mengalami kebakaran hutan dan lahan adalah Nagan Raya, Aceh Selatan, Aceh Besar, Langsa, Aceh Tenggara dan lainnya yang berskala kecil.

"Pemadaman karhutla di Aceh Jaya terkendala karena akses sulit dilalui damkar, pemadaman hanya dapat dilakukan secara manual menggunakan pompa apung serta mobil penyuplai air dan alat seadanya," jelasnya.

Diduga, kebakaran hutan dan lahan di Aceh Jaya akan dimanfaatkan salah satu perusahaan sawit. Oleh karena itu, pihaknya bersama instansi terkait terus berkoordinasi.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...