Diduga Illegal Fishing, Dua Kapal Asing Ditangkap

Salah satu kapal asing yang ditangkap pihak PSDKP (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Dua kapal ikan asing ditangkap dan ditahan oleh PSDKP Lampulo karena diduga telah melakukan kegiatan penangkapan ikan ilegal di wilayah Selatan Malaka.

Kepala PSDKP Lampulo, Basri mengatakan, kapal asing ini ditangkap Selasa (10/3/2020) kemarin oleh Kapal Hiu 12. Petugas pun mengamankan 12 ABK dalam penangkapan dua kapal itu.

"Dua kapal asing masing-masing bernama lambung PKFB 1099 dan PKFB 776. Ada 12 awak dari kedua kapal, masing-masing kapal berisikan enam awak, semua warga Myanmar," ujarnya Kamis (12/3/2020).

Para ABK asal Myanmar yang ditangkap adalah Thit Ko Htoo (36), San Ye Oo (18), Aung Myo Oo (26), Htaw (28), Nyan Tun (39) serta Nai Nyein Chan (35).

Kemudian, Nai San Win Tun (29), Myint Aung (36), Nai Myo Shwe Oo (26), Nai Nay Lwin (27) serta Aung That Khine (34).

"Mereka tidak punya izin dan dokumen, menggunakan pukat trawl daftar ABK tidak sesuai dan lainnya serta yang paling penting menangkap ikan di wilayah perairan Indonesia," ungkapnya.

Untuk sementara, kedua kapal asing itu beserta belasan ABK asal Myanmar itu masih diamankan di Kuala Langsa untuk diproses lanjut.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...