Kurir Ganja di Jakarta Ditangkap, Tim Gabungan BNN Musnahkan 4 Hektar Ladang di Aceh Besar

Tim gabungan BNN musnahkan 4 Hektar Ladang ganja di Aceh Besar (Ist)

Jantho, Acehportal.com - Tim gabungan yang terdiri dari BNN dan TNI/Polri memusnahkan empat hektar ladang ganja di Aceh Besar, Rabu (11/3/2020).

Pemusnahan ladang ganja kali ini dilakukan di kawasan Gampong Luthu Dayah Krueng, Kecamatan Sukamakmue, Aceh Besar.

Kegiatan ini dipimpin langsung Dir Narkoba Deputi Pemberantasan BNN, Brigjen Pol Viktor Jelaksut dengan beranggotakan 108 orang personel dari BNN dan TNI/Polri.

Ia mengatakan, pemusnahan ladang ganja dilakukan setelah pihaknya menerima informasi usai menangkap seorang kurir ganja di Jakarta beberapa waktu lalu.

"Sehingga, kami mencari ke hulu pastinya tempat ini," ujar jenderal bintang satu tersebut saat konferensi pers usai pemusnahan ladang ganja.

Viktor mengungkapkan, untuk menuju ke dua titik lokasi ladang, tim harus berjalan sejauh kurang lebih dua kilometer dari titik kumpul awal.

"Luas ladang yang dimusnahkan sekitar empat hektar dan ganja basah yang kita musnahkan hari ini sebanyak lebih kurang 2 ton lebih ganja basah. Pemusnahan dilakukan dengan cara dicabut dan dibakar hingga habis," ungkapnya.

Seluruh tanaman ganja yang dimusnahkan, jelasnya, memiliki ukuran tinggi yang bervariasi mulai dari 20 hingga 110 sentimeter dengan usia mulai dari 1,2 hingga 4 bulan.

"Sampai saat ini kita belum menemukan siapa pelaku yang dengan sengaja melakukan penanaman ganja ini," jelasnya.

Ia mengaku, hingga kini pihaknya tak berhenti terus mengimbau masyarakat, khususnya di Aceh Besar, agar tidak melakukan penyebaran narkotika.

"Karena ini dapat menghancurkan keluarga dan bangsa, kami beserta semua unsur akan terus bersinergi melakukan pemberantasan terhadap narkotika," tambahnya.

Tim gabungan ini, terdiri dari personel BNN Republik Indonesia, BNNP Aceh, Polda Aceh beserta Sat Brimobda, Kodim, Polres Aceh Besar dan lainnya.

Untuk diketahui, para penyalahgunaan narkotika dapat dijerat Pasal 111 Ayat (2) Undang Undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman hukuman mati atau pidana penjara seumur hidup.

Penulis:Hafiz/Rol
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...