Aceh Akan Mulai Pemutihan Pajak 16 Maret Nanti

Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani (Ist)

Banda Aceh, Acehportal.com - Warga Aceh yang menunggak pajak kendaraan dapat mengikuti program pemutihan pajak yang dilaksanakan selama 3 bulan ke depan di seluruh Samsat di Aceh.

Dir Lantas Polda Aceh, Kombes Pol Dicky Sondani mengatakan, pemutihan akan diberlakukan mulai 16 Maret sampai 16 Juni 2020 mendatang.

Dicky juga mengatakan, pemutihan ini berlaku bagi semua kendaraan baik dari Aceh maupun provinsi lainnya di Indonesia.

"Dimulai 16 Maret nanti hingga tiga bulan ke depan, bukan hanya untuk plat BL, tetapi juga bisa BK, dari Jakarta dan dari daerah lainnya," ujarnya Rabu (11/3/2020).

Pemutihan itu sendiri dilakukan sebagai upaya pemerintah dalam menertipkan kendaraan di Aceh. Hal ini juga berhubungan dengan akan diberlakukan Elektronik Registrasi dan Identifikasi (ERI) kendaraan bermotor secara nasional.

"Jadi, ERI ini nantinya akan terhubung dengan nomor NIK pemilik kendaraan sesuai KTP," kata Dir Lantas.

Dirinya mengimbau masyarakat untuk memanfaatkan program pemutihan ini dengan mengganti nama STNK jika sebelumnya milik orang lain. Bila tak dilakukan, kata dia, akan merugikan pihak lain saat ERI diberlakukan nanti.

"Apabila STNK atas nama milik orang lain, saat pengendara ini membuat kesalahan yang kena denda pemilik sesuai STNK itu, petugas akan mendatangi rumah si pemilik itu," jelasnya.

Sementara itu, BPK Aceh, Bustami mengungkapkan, pemutihan ini sengaja dilaksanakan untuk memudahkan masyarakat dalam mengaktifkan kembali STNK kendaraannya.

"Pemutihan ini juga untuk suksesnya acara ERI, ini untuk kepentingan kita semua, kita harapkan ini supaya semua kendaraan semua terdaftar. Pemutihannya cuma denda yang tidak ada, tetapi pajak tetap harus bayar," tambahnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...