Polres Aceh Barat Adakan Sosialisasi Pencegahan Tambang Ilegal

Polres Aceh Barat sosialisasikan pencegahan tambang ilegal (Ist)

Meulaboh, Acehportal.com - Kepolisian (Resort) polres Aceh Barat, mengadakan kegiatan Sosialisasi terkait pencegahan pertambangan ilegal dalam wilayah hukum Polres Aceh barat di Aula Setempat Senin (9/3/2020).

Adapun kegiatan tersebut ikut dihadiri Direktur WALHI Prov, Aceh diwakili oleh Divisi Advokasi dan kampanye WALHI, Kadis Lingkungan hidup, Kadis Perizinan, Para PJU Polres Aceh Barat, Kapolsek Jajaran Polres Aceh Barat, Camat Sekabupaten Aceh Barat, serta Para Kechiek Daerah berpotensi pertambangan ilegal.

"Maksud dan tujuan dilaksanakan kegiatan tersebut terutama diberikan pemahaman agar pemangku jabatan diwilayah dapat mematuhi aturan-aturan yang berlaku, sehingga dapat mencegah pertambangan ilegal di daerah yang berpotensi terutama di desa -desa setempat,"kata Wakapolres Aceh Barat Kompol M Zainuddin ,SH.

Dikatakannya, perlu diketahui tentang pemahaman kita dan resiko dampak pertambangan ilegal, terutama hal tersebut dapat berpengaruh sangat besar juga akan berpotensi pada bencana banjir.

"Selain itu dampak tersebut juga sangat berpengaruh terhadap lingkungan hidup kalangan masyarakat karena dapat menimbulkan kerusakan lingkungan yang berupa bencana alam,"ujarnya.

Ia berharap, para pemerhati lingkungan dapat disosialisasikan tentang pemahaman ini karena dampak pertambangan ilegal kepada masyarakat akan terganggungnya koridor satwa dan pencemaran air.

"maka ia menyarankan untuk minimalisir bahkan kalau bisa dihilangkan upaya pertambangan ilegal khususnya di wilayah Kabupaten, Aceh Barat,"pintanya.

Sementara itu, untuk menghindari potensi konflik sosial, Dinas PUPR, dan Dinas Perekonomian serta Dinas Lingkungan Hidup akan melakukan pengecekan kelapangan layak atau tidak untuk dikeluarkan izin usaha galian C.

Penulis:Dani
Rubrik:Umum

Komentar

Loading...