Diduga Illegal Mining, Sejumlah Beko Diamankan di Aceh Barat

Sejumlah petugas mengamankan beko di Aceh Barat (Ist)

Meulaboh, Acehportal.Com - Tim Dit Reskrimsus Polda Aceh dikabarkan mengamankan sejumlah ekskavator (beko) yang diduga telah melakukan penambangan emas ilegal di wilayah Kecamatan Sungai Mas, Aceh Barat, Kamis (5/3/2020) kemarin.

Dari informasi yang diperoleh, setidaknya ada sekitar lima unit beko atau lebih yang diamankan polisi beserta beberapa orang yang diduga sebagai pemilik pekerjaan tersebut.

Rencananya, seluruh beko dan pemiliknya akan dibawa ke Mapolda Aceh untuk diproses lanjut. Namun, diduga ada pihak yang terlibat hingga proses pengamanan barang bukti agak terhambat.

Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada yang dikonfirmasi usai kegiatan temu ramah bersama rekan Pers kemarin membenarkan hal itu. Dirinya meminta wartawan untuk mengkonfirmasi kasus tersebut ke Dit Reskrimsus.

Sementara, Dir Reskrimsus Polda Aceh, Kombes Pol Margiyanta juga membenarkan hal itu. Diakui, proses pengamanan barang bukti itu pun terhambat karena dihalang-halangi warga setempat.

"Betul. Rencananya (bawa ke Polda Aceh). Ada kendala dihalangi oleh ibu-ibu, sepertinya ada oknum masyarakat yang bermain," katanya.

"Tunggu alatnya sudah sampai di Polda saja, sekalian lengkap datanya," tambah Direktur.

Hingga berita ini diturunkan, belum diperoleh informasi lanjut terkait penangkapan sejumlah beko yang melakukan penambangan ilegal tersebut.

Penulis:Hafiz/Dani
Rubrik:Hukum

Komentar

Loading...