Kembangkan Kasus Pengguna Ganja Berpistol di Pidie, Polisi Amankan Pelaku Lain serta 1 Kilogram Tawas

Polisi Amankan Sepucuk Pistol dan Amunisi dari Pengguna Ganja di Pidie

Pidie, Acehportal.com - Sat Resnarkoba Polres Pidie menangkap seorang pengguna ganja di Kecamatan Indra Jaya, Pidie, Senin (2/3/2020) siang. Pelaku adalah YS alias Sitong (36), warga Pidie yang ditangkap setelah polisi memperoleh informasi dari masyarakat.

Selain dua linting rokok ganja, timbangan digital, alat isap sabu (bong), polisi juga mengamankan sepucuk pistol jenis Colt beserta magasen dan lima butir peluru kaliber 45mm saat menggerebek rumah YS alias Sitong.

Dari penangkapan itu, petugas terus mengembangkan kasus. Alhasil, dua pelaku penyalahgunaan narkoba lainnya  pun ditangkap di kecamatan yang sama, Selasa (3/3/2020) subuh sekitar pukul 03.00 WIB kemarin.

Hal ini dikatakan Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan melalui Kasat Resnarkoba, Iptu Yusra Aprilla, Kamis (5/3/2020) saat dikonfirmasi melalui telepon seluler.

"Pelaku yakni RD (39) dan NK (47) yang merupakan warga Aceh Timur. Dalam penangkapan ini diamankan satu paket kecil sabu seberat 1,51 gram dan satu bal tawas seberat satu kilogram," ujarnya.

Kasat menjelaskan, penangkapan tersangka RD dan NK dilakukan setelah pihaknya melakukan pengembangan kasus atas tertangkapnya tersangka YS alias Sitong kemarin.

Ternyata, diketahui antara ketiga pelaku ini sebelumnya telah menjalin komunikasi dan bersepakat untuk bertransaksi narkoba jenis sabu.

"Pengakuan ini disampaikan tersangka YS, RD dan NK, mereka sebelumnya sepakat untuk bertransaksi sabu sebanyak 200 gram. Namun karena YS sudah kita tangkap, kita menyamar menjadi pihak YS yang akan bertransaksi, disitulah dua pelaku ini kita sergap," jelasnya.

*Hendak Transaksi Sabu Diberi Tawas

Namun, ada yang unik dalam penangkapan ini. Dimana, tersangka RD dan NK ternyata berniat untuk membohongi YS alias Sitong dengan memberikan tawas yang telah disiapkan dan mengambil keuntungan dari penjualan tawas.

"Keduanya sengaja mau membohongi YS yang mau membeli sabu, mereka siapkan tawas satu kilogram yang dibungkus menyerupai satu bal sabu dan paket kecil sabu asli untuk contoh barang," ungkap Yusra.

"Bahkan, diakui RD dan NK baru saja mengkonsumsi sabu di daerah Lhokseumawe sebelum akhirnya diringkus petugas," kata pria yang sebelumnya menjabat sebagai Kasat Resnarkoba Polres Aceh Besar ini.

Kini, ketiga tersangka masih diamankan di Mapolres Pidie atas perbuatannya. Polisi pun masih terus melakukan pengembangan lebih lanjut terhadap kasus ini.

"Masih kita lakukan pengembangan lebih lanjut, sementara tiga pelaku masih kita amankan," tambah Iptu Yusra Aprilla.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Headline

Komentar

Loading...