Asah Kemampuan Prajurit, Kodim Pidie Gelar Latihan Teknis Teritorial TA. 2020

Pidie, acehportal.com - Komando Distrik Militer (Kodim) 0102/Pidie menggelar Latihan Teknis Teritorial (Latnister) TA. 2020, Kasdim 0102/Pidie Mayor Arm Musani, S.Pd, M.Sc membuka Latihan Teknis Teritorial yang akan dilaksanakan pada tanggal 04 hingga 06 maret 2020 dan diikuti 350 Prajurit terdiri dari Danramil dan Babinsa bertempat di Aula SMK N2 Sigli Jln. Lingkar Keunire Gp. Keunire Kec. Pidie Kab. Pidie, Rabu (04/03/2020).

Dalam sambutannya Dandim 0102/Pidie Letkol Arm Wagino, S.E yang di wakili Kasdim 0102/Pidie Mayor Arm Musani, S.Pd, M.Sc Pembinaan Teritorial (Binter) merupakan tatanan yang bercorak kewilayahan dan didayagunakan untuk mengolah potensi wilayah yang meliputi geografi, demografi, maupun kondisi sosial menjadi kekuatan yang siap diperlukan untuk kepentingan pertahanan Negara.

Latnister bertujuan memelihara kemampuan dan meningkatkan penguasaan tentang pengetahuan serta keterampilan tehnis satuan kewilayahan dalam melaksanakan tugas-tugas kewilayahan serta memberikan kemampuan kepada para Babinsa agar dapat melaksanakan tugas di lapangan dengan baik," tutur Kasdim.

Sebagai aparat Komando kewilayahan khususnya Kodim 0102/Pidie dituntut untuk memiliki kualitas dan kemampuan teknis yang dapat diandalkan. Seperti diantaranya dapat dan memahami 5 Kemampuan Teritorial, Sikap Teritorial, Metode Binter yang menjadi pedoman bagi para Babinsa dan aparat teritorial.

Selain itu juga harus memenuhi kemampuan perorangan yang meliputi kemampuan untuk mendapatkan informasi dan melaporkan dengan cepat, kemampuan berkomunikasi dengan masyarakat di sekitarnya, kemampuan meningkatkan kesadaran bela negara kepada masyarakat dan kemampuan penguasaan medan,"jelas Kasdim.

Kasdim 0102/Pidie Mayor Arm Musani, S.Pd, M.Sc juga mengingatkan kepada pihak penyelenggara untuk melaksanakan pengawasan yang melekat selama latihan demi meningkatkan kualitas latihan dan memperhatikan faktor keamanan Personil dan Materiil.

"Sehingga setiap prajurit harus selalu memelihara dan meningkatkan kemampuannya sebagai modal keberhasilan, bangun kepercayaan diri dan tidak ada keraguan dan kesalahan dalam melaksanakan tugas di lapangan.

Dengan harap pelaksanaan Latnister ini dapat meningkatkan kemampuan setiap Prajurit satuan kewilayahan serta dapat diaplikasikan di dalam pelaksanaan tugas. Khususnya bagi para Babinsa sehinga dapat menjalankan tugas secara optimal, dan kemanunggalan TNI bersama rakyat," tutup Kasdim.

Komentar

Loading...