45 Pekerja di Pelabuhan Jalani Pemeriksaan Kesehatan

Petugas KKP Meulaboh periksa kesehatan salah satu pekerja TKBM, Kamis (5/3/2020) (Foto: Dani)

Meulaboh, Acehportal.com- Sebanyak 45 pekerja bagian Tenaga Kerja Bongkar Muat (TKBM) di pelabuhan menjalani pemeriksaan kesehatan di Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Meulaboh, Kamis (5/3/2020), mereka dipastikan agar seluruh pekerja lokal itu tidak terinfeksi penyakit menular jenis apapun.

"Ini scanning TB tenaga kerja bongkar muat pelabuhan. Untuk cek darah menggunakan rapid test segala penyakit menular. Salah satunya juga cek suhu tubuh," kata dr Yunalis M, Kes, dari KKP Kelas III Banda Aceh.

Dikatakannya, pihaknya sudah mempersiapkan segala sesuatu yang dibutuhkan terkait penanganan penyakit menular, termasuk corona virus (Covid-19), namun kegiatan yang dilaksanakan KKP Wilayah Meulaboh itu, bukan untuk Covid-19.

Sementara itu, sebagian tim medis dilaporkan sejak pagi bergerak ke lokasi proyek Pembangkit Listrik Tenaga Uap (PLTU) Nagan Raya, melihat kondisi sejumlah WNA asal China yang sebelumnya dilaporkan pernah di karantina dalam lokasi PLTU.

Disisi lain, salah satu pekerja pada saat diwawancarai , mengaku selama ini bekerja sebagai buruh bongkar muat dan ada melakukan kontak langsung dengan Tenaga Kerja Asing (TKA) dalam kapal di wilayah perairan setempat.

"Berhubungan kontak langsung atau fisik dengan TKA, pasti. Seperti salaman dan tatap muka dan musyawarah dengan pekerja di kapal. Mereka ada dari Ukraina, India dan China beberapa kali," kata Ibrahim salah satu pekerja.

Para pekerja ini menyampaikan terimakasih kepada pihak KKP Wilayah Meulaboh yang melayani pemeriksaan kesehatan mereka, karena mereka mengakui sering berinteraksi dengan pekerja - pekerja dari luar negeri saat di kapal.

Penulis:Dani
Rubrik:Kesehatan

Komentar

Loading...