Tinjau Polsek Simpang Tiga Pidie yang Terbakar, Kapolda Aceh: Pelayanan Masyarakat Tidak Boleh Terganggu

Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada meninjau lokasi kebakaran Mapolsek Simpang Tiga dan Rumah Dinas Koramil, Senin (2/3/2020) (Hafiz)

Pidie, Acehportal.com - Mapolsek Simpang Tiga Polres Pidie serta dua unit rumah dinas milik Koramil Simpang Tiga terbakar, Minggu (1/3/2020) dinihari sekitar pukul 00.45 WIB.

Ketiga bangunan itu pun habis dilalap si jago merah karena jaraknya yang memang berdekatan. Api dipadamkan setelah dikerahkan empat unit armada pemadam kebakaran ke lokasi kejadian.

Kebakaran ini, diduga karena hubungan arus pendek listrik yang terjadi di salah satu rumah sehingga api membakar dan merambat ke rumah lainnya termasuk Mapolsek Simpang Tiga.

Beruntung, tak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah barang di Mapolsek habis terbakar seperti empat unit komputer, tiga unit pendingin udara, belasan rompi dinas, helm dan peralatan lainnya.

Sejumlah barang inventaris lain yang ada di Mapolsek Simpang Tiga seperti senjata api beserta amunisinya, kendaraan dinas dan alat komunikasi berupa HT telah terlebih dahulu diselamatkan personel Mapolsek saat kebakaran diketahui.

Sedangkan di dua rumah dinas milik Koramil setempat, api membakar sekitar lima unit motor serta peralatan rumah tangga. Ditaksirkan, kerugian materi yang disebabkan dari kebakaran tiga bangunan ini mencapai Rp 450 juta.

Usai melantik Bintara Polri di SPN Polda Aceh, Seulawah, Aceh Besar, Senin (2/3/2020) pagi, Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada bersama pejabat lain menuju ke Mapolsek Simpang Tiga untuk meninjau lokasi pasca kebakaran.

Setiba di Mapolsek, Kapolda didampingi para pejabat Polda Aceh dan Kodam IM serta unsur Forkopimda melihat langsung kondisi terakhir Mapolsek dan dua unit rumah yang habis terbakar.

Saat diwawancarai, jenderal bintang dua ini mengatakan, meski musibah kebakaran ini terjadi namun pelayanan terhadap masyarakat tak boleh terhambat dan terganggu.

"Pelayanan masyarakat tidak boleh terganggu, bagaimana cara akan dicari solusi sambil menunggu proses rehab Mapolsek Simpang Tiga," ujar Kapolda setelah meninjau langsung lokasi kebakaran.

Dirinya mengakui bahwa memang pasca kebakaran ini pelayanan masyarakat sedikit terganggu. Pasalnya, seluruh ruangan Mapolsek habis dilalap api.

"Tetapi bukan berarti pelayanan masyarakat ikut terhenti," kata mantan Kapolda Gorontalo ini.

Untuk sementara waktu, sentra pelayanan masyarakat akan dilakukan di rumah dinas Mapolsek sembari menunggu bangunan Polsek Simpang Tiga kembali direhab.

"Apapun kondisinya pelayanan harus nomor satu, dalam waktu cepat Mapolsek Simpang Tiga akan direhab agar pelayanan berjalan lancar," tambah Wahyu.

Selain Mapolsek Simpang Tiga, Kapolda Aceh juga meninjau lokasi lahan untuk pembangunan gedung Mapolres Pidie Jaya yang dalam waktu dekat juga akan dibangun sesegera mungkin.

Dalam kegiatan peninjauan, Kapolda turut didampingi Dir Samapta, Kombes Pol Misbahul Munauwar, Kapolres Pidie, AKBP Andi Nugraha Setiawan, Bupati Pidie, Roni Ahmad alias Abusyik, Dandim Pidie, Letkol Arm Wagino dan sejumlah pejabat lainnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...