Ini Sebagian Even Pariwisata di Aceh Tahun 2020

Calendar of Event Aceh 2020

Banda Aceh - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh mulai meluncurkan ratusan even yang akan dilaksanakan di Aceh pada tahun 2020 ini.

Hal ini diungkapkan Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin didampingi Kabid Pemasaran, Rahmadhani saat peluncuran Calendar of Event Aceh 2020 di Kantor Disbudpar Aceh, Banda Aceh, Jumat (28/2/2020).

Ia mengatakan, salah satu tujuan diadakannya even ini adalah untuk meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara dan nusantara ke Aceh sebagai salah satu Destinasi wisata.

Calendar of Event Aceh 2020 terdiri dari 107 atraksi wisata dan siap digelar hampir di seluruh kabupaten/kota sepanjang tahun 2020.

"Calendar of Event Aceh 2020 dikurasi dan dirangkum oleh Tim berasal dari beberapa sumber atau institusi, seperti Disbudpar Aceh, SKPA, Pemerintah Kabupaten/Kota serta lainnya yang terbagi dalam 2 (dua) segmen, yaitu Top 10 Event Aceh 2020 dan 100 Event Unggulan Aceh 2020," jelas Rahmadhani.

Khusus Top 10 Event Aceh, seperti Aceh Culinary Festival, Aceh Diving Festival, Festival Saman, Festival Ramadhan, Banda Aceh Coffee Festival, Aceh Sumatera Expo, Islamic Fashion Festival, Leuser Int’l Rafting Championship, Pacuan Kuda Tradisional, Festival Pulau Banyak.

"Dimana, tiga diantaranya itu masuk dalam 100 Calendar of Wonderful Indonesia 2020 Kemenparekraf RI yaitu Aceh Culinary Festival (Banda Aceh, 7-10 Agustus), Festival Saman Gayo Lues (Gayo Lues, 8-9 November) dan Aceh Diving Festival (Sabang, 10-11 Oktober)," ungkapnya.

Sebagain even lainnya yang akan dilaksanakan waktu mendatang di Aceh selama tahun 2020, seperti Festival Sepeda Ontel se Sumatera (Banda Aceh, 7-8 Maret), Festival Panen Kopi dan Takengon Rafting (Takengon, 14-15 Maret), Sabang Marine (Sabang, 15-19 Maret) dan Festival Ramadhan (Banda Aceh, 27 April-6 Mei).

Kemudian, ada Festival Rapai Geleng (Abdya, April), Festival Kuliner (Aceh Utara, 13 Juni), Festival Pulau Banyak (Aceh Singkil, 15-18 Juni), Aceh Bike Cross Country (Bener Meriah, 23 Agustus), Festival Pukat Jantang (Aceh Besar, 12-13 September) dan Festival Aceh Diving (Sabang, 10-11 Oktober) serta masih banyak even lainnya.

"Direncanakan, pertengahan Maret 2020 Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI, Wishnu Utama dan Plt Gubernur Aceh, Nova Iriansyah akan melaunching COE 2020 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Satpa Pesona Kementerian Pariwisata RI yang dihadiri pelaku industri pariwisata nasional dan internasional," tambahnya.

*Beberapa Kabupaten Tak Punya Even Tahun

Sejumlah kabupaten di Aceh seperti Lhokseumawe dan Aceh Timur tak memiliki even pariwisata, sehingga tidak masuk dalam daftar even pariwisata Aceh tahun 2020 ini.

Ini terungkap dalam audiensi saat Disbudpar Aceh meluncurkan kalender even tahunan di Kantor Disbudpar Aceh sore tadi.

Kabid Pemasaran Disbudpar Aceh mengaku, pihaknya sempat menyurati pemkab terkait beserta stakeholdernya untuk mendaftarkan diri.

Namun, pemkab setempat mengaku tak memiliki hal yang dapat disuguhi menjadi bagian dari Calendar of Event Aceh 2020 ini.

"Sebelumnya pernah disurati berkali-kali namun diakui mereka tidak punya even yang dapat disuguhkan sehingga mereka tidak masuk ke dalam kalender even," katanya.

Penulis:Hafiz
Editor:Hafiz
Rubrik:Pariwisata

Komentar

Loading...