Disbudpar Aceh Luncurkan 107 Even dalam Kalender Even Tahun 2020

Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin bersama Kabid Pemasaran, Rahmadhani (Hafiz)

Banda Aceh, Acehportal.com - Pemerintah Aceh melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Aceh meluncurkan ratusan even yang akan diadakan di Aceh tahun 2020 ini.

Soft Launching Calendar of Event (CEO) Aceh 2020 bertema "Aceh Hebat melalui Ragam Atraksi Pesona Wisata Aceh 2020" ini dilaksanakan di Aula Kantor Disbudpar Aceh, Banda Aceh, Jumat (28/2/2020).

Peluncuran ini, diikuti oleh sejumlah stakeholder yang terlibat dalam industri pariwisata Aceh beserta awak media dan pihak lainnya.

Kadisbudpar Aceh, Jamaluddin mengatakan, peluncuran ratusan even yang akan dilakukan selama tahun 2020 ini adalah untuk memperkuat dan memantapkan branding Cahaya Aceh (The Light of Aceh) kepada wisatawan, baik nusantara maupun mancanegara.

Selain itu, tujuan diadakannya even ini adalah untuk meningkatkan kesadaran para wisatawan mancanegara dan nusantara tentang Aceh sebagai destinasi wisata yang layak dikunjungi.

"Terutama adalah mempromosikan Aceh sebagai destinasi wisata yang aman, nyaman dan menawan bagi wisatawan, memperkenalkan ragam atraksi wisata yang akan digelar sepanjang tahun 2020," ujarnya.

Tujuan lainnya adalah juga untuk mendukung pelaku industri pariwisata Aceh dalam menyusun paket wisata tematis.

Termasuk, lanjut Jamal, untuk membangun semangat dan komitmen pemerintah baik di Kabupaten atau kota sebagai Chief Executive Officer (CEO) dalam memperkenalkan daerah masing-masing sebagai destinasi wisata ramah wisatawan.

"Juga terutama untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Aceh," kata Kadisbudpar Aceh yang didampingi Kabid Pemasaran, Rahmadhani Sulaiman.

Sementara, Kabid Pemasaran mengatakan, tahun ini tim Disbudpar Aceh telah mendata ada 107 even atraksi wisata siap digelar di Aceh hampir di seluruh Kabupaten/Kota dengan melibatkan stakeholder terkait dan lainnya, khususnya pemerintah, komunitas dan sebagainya.

"Kalender Even Aceh 2020 yang dikurasi dan dirangkum tim berasal dari beberapa sumber atau institusi seperti Disbudpar Aceh, SKPA, Pemkab atau Pemko yang punya kepedulian mempromosikan pesona wisata daerah yang terbagi dalam dua segmen yaitu Top 10 Event Aceh 2020 dan 100 Event Unggulan Aceh 2020," jelasnya.

Khusus Top 10 Event Aceh, seperti Aceh Culinary Festival, Aceh Diving Festival, Festival Saman, Festival Ramadhan, Banda Aceh Coffee Festival, Aceh Sumatera Expo, Islamic Fashion Festival, Leuser Int’l Rafting Championship, Pacuan Kuda Tradisional, Festival Pulau Banyak, tiga even diantaranya masuk dalam 100 Calendar of Wonderful Indonesia 2020 Kemenparekraf Republik Indonesia.

"Tiga even yang dimaksud adalah Aceh Culinary Festival (Banda Aceh, 7-10 Agustus), Festival Saman Gayo Lues (Gayo Lues, 8-9 November) dan Aceh Diving Festival (Sabang, 10-11 Oktober)," ungkapnya.

"Kekurangan tahun lalu adalah cambuk untuk kita perbaiki di tahun ini, terima kasih untuk semua pihak yang selama ini telah mendukung dan terlibat," sambung Jamal.

Keberhasilan Aceh meraih pengakuan sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia atau “World’s Best Halal Cultural Tourism Destination” melalui Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN-Kemenpar RI, 2016) dan Internasional atau “World Halal Tourism Award (WHTA-International Travel Week-Abu Dhabi, 2016) dan Peringkat II sebagai Destinasi Wisata Halal Unggulan melalui standar Indonesia Muslim Travel Index (IMTI) 2019 adalah sebuah keniscayaan dan perlu terus dipertahankan melalui pelibatan dan dukungan semua pihak melalui semangat “Aceh Incorporated”.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Pariwisata

Komentar

Loading...