Dandim 0105 Aceh Barat Hadiri Peresmian Pesantren Al-Inabah

Aceh Barat, acehportal.com - Dandim 0105/Aceh Barat Letkol Kav. Nurul Diyanto S.Pd hadir dan memberikan sambutan pada acara peresmian Ma'had Islamiyah Madinatuddiniyah Al-Inabah yang bertempat di Desa Manggi Kecamatan Panton Reu, Kabupaten Aceh Barat, Kamis (27/02/2020).

Dalam sambutanya Dandim berharap agar Pondok Pesantren Al-Inabah bisa membentuk Santri yang memiliki karakter yang kuat berakhlak, berilmu pengetahuan, peduli sesama serta memiliki jiwa Nasionalisme.

Lebih lanjut Dandim berharap keberadaan Pesantren Al-Inabah sebagai sarana membangun sumber daya manusia, karena membangun SDM tidak hanya menjadi tanggung jawab pemerintah, tetapi juga semua komponen masyarakat, termasuk dunia Pesantren.

“Karena itu sudah semestinya pesantren yang telah memiliki nilai historis dalam membina dan mengembangkan sumber daya manusia ini terus didorong dan dikembangkan kualitasnya,” pungkas Dandim.

Sementara itu, Pimpinan Dayah Al-Inabah Gampong Manggie Tgk. H. Zainal Abidin, Lc dalam sambutannya mengucapkan terimakasih yang sebanyak-banyaknya kepada masyarakat Gampong Manggie, para pimpinan dayah, para dermawan dan kepada seluruh lapisan masayakarat yang telah mendukung dan membantu dalam membangun pesantren Al-Inabah sehingga sampai pada titik kemajuan yang sangat luar biasa ini.

"Selaku pimpinan dayah kami mengucapkan termikasih yang tak terhingga atas dukungan para bapak ibu sekalian, "  Ucap Abu Mesir sapaan akrab Tgk. Zainal Abidin, Lc.

Menurut Abu Mesir, pihak pesantren saat ini terus melakukan pengembangan dengan memperluas lahan Pesantren. Dirinya berharap kepada para masyarakat dan para Dermawan untuk sama-sama membantu dalam membangun Pesantren baik secara pikiran maupun secara materi.

"Insya Allah saat ini kita dalam proses perluasan lahan, kami masih membutuh dana untuk pembelian lahan pesantren dengan harga tanah 30.000/meter, mudah-mudahan ada para dermawan yang akan membantu, kita berharap pesantren ini kelak akan membawa keberkahan di tengah-tengah masyarakat Panton Reu," harap Abu Mesir yang merupakan Alumni Darussalam Labuhan Haji, Aceh Selatan Dayah tertua di Aceh dan Al- Azhar Mesir.

Perlu diketahui, Dayah ini telah berdiri dua tahun yang lalu dan telah melakukan kegiatan dalam membahas keilmuan yang berhaluan ahlussunnha wal jama’ah., mulai dari tata bahasa arab, nahwu dan sharaf, ilmu tafsir dan ilmu hadist, ilmu membaca Al-quran (Qiraat), ilmu tauhid dan ilmu fiqih.

Turut hadir dalam acara peresmian pesantren Al-Inabah Antara lain Pimpinan Ponpes Serambi Aceh Abu H. Mahmudin Usman, Pasi Intel Yonif 116 /GS Letda Inf. Adi Saiful, Kakan Kemenag Kabupaten Aceh Barat Bapak Khoirul Azhar, Kapolsek Panton Reu Ipda T. Siregar, Danpos Panton Reu Pelda Nasril Caniago, Camat Panton Reu Sahimi, Ketua Peta Kabupaten Aceh Barat Amiruddin serta para santri dan undangan lainnya.

Kegiatan tersebut dipandu oleh Aduwina Pakeh, M.Sc, Dosen Universitas Teuku Umar yang juga Ketua Forum Muda Syariat Islam (FORMUSI) Aceh.

Komentar

Loading...