Berikan Arahan ke Bhabinkamtibmas, Ini Pesan Kapolda Aceh

Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada saat memberikan arahan kepada para bhabinkamtibmas dari Polresta Banda Aceh, Polres Aceh Besar dan Polres Sabang di Mapolresta Banda Aceh, Rabu (26/2/2020).

BANDA ACEH, ACEHPORTAL.COM - Para Bhabinkamtibmas yang bertugas di seluruh desa di Indonesia, khususnya di seluruh gampong di Aceh seperti Superman (salah satu tokoh pahlawan super yang ada di film).

Karena, peran bhabinkamtibmas terlibat dalam semua kegiatan seperti pilkada, dana desa, fungsi intelijen dan semua persoalan keamanan serta lainnya di tingkat gampong di Aceh.

Hal itu dikatakan Kapolda Aceh, Irjen Pol Wahyu Widada saat memberikan arahan kepada para bhabinkamtibmas dari Polresta Banda Aceh, Polres Aceh Besar dan Polres Sabang di Mapolresta Banda Aceh, Rabu (26/2/2020).

Sebelum memberikan arahannya, Kapolda yang baru beberapa hari menjabat ini menyaksikan cuplikan video singkat yang menampilkan sejumlah bhabinkamtibmas di daerah yang bekerja untuk gampong.

"Apa yang sudah dilakukan sudah baik, tetapi ditingkatkan lebih baik lagi, selain itu pemimpin juga harus menggairahkan bawahan," ujarnya diiringi tepuk tangan para bhabinkamtibmas.

Jenderal bintang dua ini mengatakan, kepemimpinan yang tak melekat dalam pangkat adalah bhabinkamtibmas. Bhabinkamtibmas bekerja memengaruhi orang lain yakni masyarakat untuk dapat menuju tujuan bersama.

"Belum tentu bhabinkamtibmas kalah dengan bupati dan lainnya, suatu saat kita akan kembali ke masyarakat dan akan diterima oleh tangan terbuka," ungkapnya.

Mantan Kapolda Gorontalo ini bercerita tentang seorang mantan menteri di Amerika yang berpikir apa yang terjadi saat dia menjadi menteri dan tak lagi menjadi menteri. Cerita ini, dilontarkan untuk memotivasi seluruh anggota Polri yang ada di Aceh, khususnya Bhabinkamtibmas.

"Fasilitas yang diberikan saat dia menjadi menteri dan mantan menteri berbeda, yang ingin disampaikan adalah apa yang diterima hari ini untuk Kapolda Aceh bukan untuk Wahyu (menyebut namanya). Saat pensiun kita kembali ke masyarakat, begitu juga dengan Bhabinkamtibmas, kita semua sama bekerja untuk masyarakat," jelas Wahyu.

Selain itu, dinamika perkembangan dunia saat ini melesat. Meski bekerja dan berada di kampung, para Bhabinkamtibmas juga harus ikut dengan perkembangan global.

"Rekan Bhabinkamtibmas jangan Gaptek dan tidak memanfaatkan perkembangan, internet dan lainnya. Tingkat kepercayaan masyarakat pada Polri berada di peringkat dua, Bhabinkamtibmas diharapkan dapat bermain di medsos untuk kepentingan dinas biar masyarakat tau," harapnya.

Karena itu, dirinya berharap agar para Bhabinkamtibmas di Aceh dapat meningkatkan kinerja untuk bangun persepsi masyarakat tentang Polri.

"Potensi konflik dipantau agar tidak melebar dan menjadi masalah yang serius. Kurangi koruptif, penyalahgunaan wewenang dan lainnya. Jika ada kegiatan yang masih kurang kita baguskan kembali kedepan," kata dia lagi.

Sementara, untuk permasalahan kendaraan operasional, Kapolda mengatakan pihaknya akan mengusulkan pengadaan ke Mabes Polri untuk menambah kendaraan operasional bagi Bhabinkamtibmas, khususnya yang belum mendapatkan kendaraan untuk melakukan kinerjanya secara maksimal.

"Kendaraan untuk bhabinkamtibmas masih kurang dan akan diusulkan penambahan ke Mabes, saat ini kurang lebih 70 persen di seluruh Aceh yang sudah ada kendaraan dari jumlah bhabinkamtibmas sebanyak 1.587 orang di Aceh," tegas Kapolda.

Dalam kegiatan itu, turut hadir Kapolresta Banda Aceh, Kombes Pol Trisno Riyanto, Wakapolresta, AKBP Satya Yudha Prakasa, Kabid Humas Polda Aceh, Kombes Pol Ery Apriyono, Wadir Intelkam, AKBP Ali Khadafi, Karo Rena, Dir Binmas dan lainnya.

Penulis:Hafiz
Rubrik:News

Komentar

Loading...