Usir Harimau, Pawang Lakukan Ritual di Singgersing Subulussalam

Usir Harimau, Pawang Lakukan Ritual di Singgersing Subulussalam

Subulussalam, Acehportal.com - Petugas BKSDA Aceh Seksi Konservasi Wilayah (SKW) 2 Subulussalam bersama mitra WCS_IP dan masyarakat tempat sejak beberapa hari lalu melakukan penanganan konflik harimau yang terjadi di Gampong Singgersing, Kecamatan Sultan Daulat, Subulussalam.

Informasi yang dihimpun dari Kasi SKW 2 Subulussalam, Hadi Sofyan, Minggu (23/2/2020) kemarin, penghalauan harimau dilakukan dengan melibatkan seorang pawang harimau yakni Carwani Sabi.

"Pagi kemarin sekitar pukul 8 dilakukan penghalauan dengan metode ritual untuk mengusir harimau agar menjauh dari lokasi, ini dilakukan pawang harimau, Bapak Carwani Sabi," ujarnya Senin (24/2/2020).

Proses penghalauan itu pun selesai beberapa jam kemudian setelah sang pawang melakukan sejumlah ritual yang diperlukan seperti biasanya.

Selain itu, Carwani juga berpesan jika nantinya Sang Raja Hutan itu tak kembali ke pemukiman dalam waktu satu atau dua minggu kedepan, diharapkan warga agak membuat syukuran atau kenduri anak yatim.

"Saran Pak Carwani, jika harimau dalam satu minggu sampai 15 hari kedepan tak kembali ke kampung agar membuat syukuran atau kenduri dan memberi makan anak yatim," jelasnya.

Sebelumnya diberitakan, dua ekor harimau berukuran besar dan sedang tampak melintas di jalan. Hal itu diketahui oleh seorang warga yang sedang berkendara bersama keluarganya saat bepergian.

Tak hanya itu, diduga harimau juga telah memangsa ternak sapi milik warga, dimana di kandang sapi tersebut tampak jejak Si Kucing Besar ini.

Sementara, di kawasan Bener Meriah juga dilaporkan adanya kemunculan lima ekor harimau Sumatera. Hal ini pun telah dilaporkan oleh warga ke BKSDA Aceh sehingga mereka melakukan penanganan lebih lanjut.

"Tim WCS_IP sudah meluncur dari Medan dan masih dalam penanganan," ujar singkat Kasi SKW 1 Lhokseumawe, Kamarudzaman, Minggu (23/2/2020) kemarin saat dikonfirmasi.

Penulis:Hafiz
Rubrik:Daerah

Komentar

Loading...